Bak Kisah Telenovela, Jenazah Covid 19 Ketahuan Tertukar Saat Hendak Dimakamkan

Sebuah video berdurasi 1 menit 37 detik yang menampilkan prosesi pemakaman jenazah Covid-19 di Surabaya viral di media sosial. Diduga jenazah tersebut tertukar lantaran kelalaian petugas rumah sakit.

Dalam video yang tersebut, mulanya terlihat enam petugas medis memakai alat pelindung diri (APD) lengkap sedang menggotong peti jenazah yang dilapisi plastik.
Namun sampai ke dekat liang lahat, peti itu urung dikuburkan. Petugas malah mengembalikan dan menggotongnya ke mobil ambulans. Dalam video juga terdengar tangisan histeris perempuan.

“Mayite alamate endi iki (mayatnya alamatnya di mana ini)?” kata seorang pria dalam video tersebut.

“Sing genah, sing genah (serius), diviralno ae iki (diviralkan saja ini),” sahut warga lainnya.

Salah seorang warga Pagesangan, Jambangan, Surabaya, Amir Mahmud mengatakan jenazah yang dibawa petugas tersebut diduga tertukar dengan jenazah lain.

Sebab, menurutnya yang mesti dimakamkan di TPU Pagesangan tersebut adalah sepupunya yang berjenis kelamin laki-laki. Namun keterangan yang tertulis malah perempuan.

“Betul, jenazahnya tertukar. Harusnya yang dimakamkan di sini laki-laki, tapi di surat yang kami terima perempuan,” kata Amir, saat dikonfirmasi, Rabu (27/6).

Tak hanya itu, alamat yang tertera juga salah, seharusnya Kecamatan Jambangan, namun di sana ditulis Wonocolo. Bahkan keterangan identitas yang tertulis di peti pun, kata Amir, bukanlah nama kerabatnya.

“Ternyata yang tertulis di surat tersebut, jenazah berjenis kelamin perempuan. Termasuk tanda keterangan di peti jenazah. Di surat keterangan dijelaskan jika jenazah tersebut adalah warga Kecamatan Wonocolo,” ujarnya. (rie/kabarindong)

Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.