Pasien Positif Corona Klaster Asrama Haji Surabaya Terus Bertambah

KABARINDONG- Seorang bocah 14 tahun dan ayahnya yang berusia 45 tahun asal Kota Kediri dinyatakan positif corona. Sebelumnya, sang ibu terkonfirmasi positif dan diidentifikasi sebagai kasus Kediri Kota 06. Sang ibu terpapar dari klaster Asrama Haji Surabaya Sang ibu sempat menjalani perawatan di rumah sakit dan dinyatakan sembuh. Sang ibu diperbolehkan pulang pada 22 April 2020.

“Ini adalah suami dan anak dari kasus Kediri Kota 06,” ujar Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar dalam siaran pers bagian Protokol dan Komunikasi Pemkot Kediri, Sabtu (25/4/2020).

Abu Bakar mengatakan dua pasien positif tersebut tinggal di wilayah Perumaha Wilis Indah. Mereka dinyatakan positif setelah hasil pemeriksaan swab dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur keluar. Abu Bakar mengatakan dua pasien bocah 14 tahun dan ayahnya masuk dalam kategori orang tanda gejala. Sehingga mereka menjalani isolasi mandiri di rumah.

Menurut wali kota, isolasi dilakukan di rumah karena kapasitas RSUD Gambiran sudah tak mecukupi. Baca juga: Kasus-kasus Anak dan Balita Positif Covid-19 di Indonesia, Tak Bepergian, dari Mana Penularannya?

“Kenapa tidak diisolasi di rumah sakit?, Karena saat ini ruang isolasi RSUD Gambiran penuh,” jelas Abu Bakar.

Sementara itu, dikutip dari laman resmi penanganan Covid-19 Kota Kediri, jumlah kasus hingga Sabtu 25 April 2020 terdapat 206 orang dalam pemantauan (ODP), 14 pasien dalam pengawasan (PDP) serta sembilan orang positif.

Dari sembilan pasien positif itu tiga orang menjalani perawatan, dua orang isolasi mandiri, serta empat orang sudah dinyatakan sembuh.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Kediri Fauzan Adima mengatakan, dengan adanya penambahan dua kasus terbaru diindikasikan Kota Kediri telah memasuki fase lokal transmisi penularan virus corona.

“Meskipun awalnya kasus Kediri Kota 06 ini dari klaster pelatihan haji Sukolilo, namun penularan ke keluarga terjadi di Kota Kediri”, kata dr. Fauzan Adima.


Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.