Pemkab Tuban Salurkan BPNTD, Kube: Kualitas Berasnya Bagus

Bekerja sama dengan Kelompok Usaha Bersama (Kube) PKH, Pemkab Tuban, Jawa Timur menyalurkan beras Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) Daerah. Penyaluran itu hasil replikasi dari BPNT Kemensos, Selasa, (16/6)

Di Kecamatan Merakurak, penyaluran BPNTD dilaksanakan dengan meminjam Kantor MWC NU setempat. Mengingat sasaran dari BPNTD ini hanya 196 KPM yang berasal dari 19 desa.

“Alhamdulillah kami difasilitasi MWC NU dalam pelaksanaan penyaluran bansos ini. Soalnya kalau beras diantarkan langsung ke desa-desa, operasional Kube habis ditransport,” Kata Genduk, Ketua Kube Sugihan selaku Kube yang ditunjuk untuk menangani penyaluran BPNT milik Pemkab Tuban ini.

Baca Juga: Warning Agen BPNT Nakal, BNI: Kami Akan Bertindak Tegas

Sugihan menambahkan bahwa sejak BPNTD disalurkan per Januari 2020, kualitas beras yang dikirim supplier cukup terjaga. Hal ini lantaran beras BPNTD dipasok langsung oleh BUMD SRG milik Pemkab dengan Merk Dagang “Sri Huning”.

Baca Juga: Harga Bahan Pangan BPNT Wajib Dipampang, Begini Respon Agen E-Warong

Meski bukan bagian dari program PKH, penyaluran BPNTD ini didampingi langsung oleh seluruh Pendamping PKH Kecamatan Merakurak. Pendampingan dilaksanakan sejak tahap validasi hingga mobilisasi KPM pada penyaluran tiap bulan.

Koordinator Pendamping PKH Junaidi mengatakan, bahwa pendampingan ini semata-mata dalam rangka mendukung program Pemkab di Kecamatan Merakurak.

“Setiap program yang berkaitan dengan pengentasan kemiskinan, kita siap mendukung, terlepas apakah itu milik Kemensos atau tidak. Terlebih, ini memanfaatkan Kube KPM PKH” ungkap aktivis Maiyah Tuban ini.

Berbeda dengan BPNT Kemensos, BPNT Daerah ini hanya berupa beras saja senilai 10 kg. Tidak ada unsur protein maupun vitamin.

Kasumah (72), KPM asal Desa Borehbangle Kecamatan Merakurak mengaku bersyukur telah dibantu melalui program BPNTD ini.

“Alhamdulillah sekarang sudah tidak pernah beli beras lagi. Terimakasih Pak Bupati” ucah Lansia ini dengan bahasa Jawa.

Untuk diketahui, BPNT Daerah ini menyasar 4 ribu KPM se-kabupaten Tuban. Mereka berasal dari keluarga Miskin yang belum menerima bansos Kemensos.

Kube PKH yang ada di masing-masing kecamatan sengaja ditunjuk sebagai agen penyalur melalui Bank Jatim untuk tujuan pemberdayaan. (ari/kabarindong)

Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.