Terkait Larangan Bercadar, KMA: Nggak Ada Urusannya dengan Agama

KABARINDONG – Di dunia maya, tengah riuh soal larangan wanita mengenakan cadar. Sebagian warganet mengecam larangan yang dikeluarkan oleh Menteri Agama Fachrul Razi tersebut.

Terkait larangan wanita bercadar mendapat tanggapan dari Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin (KMA). Menurut KMA sebenarnya tidak ada larangan bagi wanita untuk mengenakan cadar. ”Yang diwacanakan oleh Menag, hanya menyangkut disiplin di masing-masing kantor mengenai cara berpakaian di instansi,” ujar Ma’ruf kepada wartawan setelah meresmikan RSU Syubbanul Wathon di Tegalrejo, Kabupaten Magelang, Kamis (7/11).

“Jadi nggak ada urusannya dengan agama. Yang tidak boleh itu di kantor-kantor, di anggota tentar. Itu soal disiplin. Kalau agama kan ada yang membolehkan, ada yang melarang. Jadi itu masing-masing saja soal itu” sambung Ketua Umum nonaktif Majelis Ulama Indonesia (MUI) ini.

Lebih lanjut Ma’ruf Amin menegaskan, jika pelarangan penggunaan cadar tersebut diterapkan sebagai bagian dari disiplin cara berpakaian di instansi pemerintahan, sudah sepantasnya hal tersebut dipatuhi. “Tetapi, kalau untuk misalnya di kantor-kantor, di tempat tertentu yang memang pada aturan cara berpakaiannya, saya kira itu yang harus dipatuhi,” ujarnya.

Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.