Praperadilan Ditolak, Habib Rizieq Urung Bebas

Asa Muhammad Rizieq Shihab alias Habib Rizieq bebas dari tahanan Polda Metro Jaya pupus. Itu setelah, Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan menolak gugatan praperadilan yang dilayangkan kuasa hukum Habib Rizieq.

“Mengadili, menolak permohonan praperadilan dari pemohon untuk seluruhnya,” ungkap hakim tunggal Akhmad Sahyuti saat membacakan amar putusan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (12/1).

Hakim Akhmad Sahyuti menilai rangkaian penyidikan yang dilakukan polisi terkait kerumunan massa di rumah Habib Rizieq di Jalan Petamburan, Jakarta Pusat, tidak menyalahi aturan.

“Menimbang bahwa dari alat bukti saksi dan para ahli serta barang bukti di atas maka hakim berpendapat penetapan tersangka telah didukung dengan alat bukti yang sah,” kata hakim.

Artinya, kata hakim permohonan pemohon tidak beralasan menurut hukum dan layak ditolak. “Maka permohonan pemohon tidak beralasan menurut hukum dan harus ditolak,” kata hakim Sahyuti.

Selain itu, sebelum menetapkan Habib Rizieq dan beberapa orang sebagai tersangka, penyidik telah memperoleh bukti-bukti dan menerima keterangan dari sejumlah ahli. Sehingga penyidik Polda Metro Jaya berkesimpulan acara Habib Rizieq di Petamburan merupakan acara yang melanggar protokol kesehatan Covid-19.

Hakim juga menyoroti terkait ketidakhadiran Habib Rizieq ketika dua kali dipanggil oleh Polda Metro Jaya, namun dua kali juga tidak datang. Terkait hal itu, hakim berpendapat maka penyidikan yang dilakukan polisi telah sah.

Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.