Saksi Sebut Acara Nikahan Putri Habib Rizieq Dijaga Aparat Gabungan

Acara Maulid Nabi sekaligus acara pernikahan putri Muhammad Rizieq Shihab (MRS), Syarifah Najwa Shihab di Petamburan, Jakarta Pusat diklaim mendapat penjagaan dari aparat gabungan.

Hal itu terungkap dalam sidang lanjutan gugatan praperadilan atas penetapan sebagai tersangka dan penahanan MRS di Pengadilan Negeri, Jakarta Selatan, Kamis (7/1).

Menurut Abdul Qodir, saksi yang dihadirkan tim kuasa hukum MRS, aparat gabungan itu terdiri dari TNI, Polri, Satpol PP, dan petugas dari Dinas Perhubungan. “Iya, ada polisi, Dishub, TNI, Satpol PP,” kata Qadir di ruang sidang utama.

Lebih lanjut Qodir mengungkapkan, aparat gabungan itu justru melakukan pengamanan dan ketertiban untuk jalannya acara. “Mereka jaga acara, mengatur lalu lintas juga. Tidak ada, semuanya mengamankan, Satpol PP pakai toa mengingatkan jaga jarak. Yang saya dengar selalu jaga jarak, pakai masker,” kata Abdul.

Lalu, tim kuasa hukum MRS menanyakan terkait jumlah personel gabungan yang ada di acara tersebut. Qodir tidak menjawab secara rinci melainkan hanya menyebut sekitar 200 personel. “Kalau gabungan 200-an ada, mungkin lebih, kan di situ ada markas Brimob juga,” beber Abdul.

Sementara itu, tim kuasa hukum termohon yakni Polda metro Jaya melontarkan sejumlah pertanyaan kepada Abdul. Mereka meminta Qodir membuktikan bahwa aparat keamanan itu benar-benar mengamankan jalannya acara.

“Dari mana saksi tahu itu mengamankan? Apakah saksi melihat surat tugas pengamanan, apa hanya pengelihatan saksi saja?” cecar tim hukum Polda Metro Jaya.

Abdul pun menjawab jika dia tidak mungkin bertanya pada kepolisian soal surat tugas yang dimaksud. Pernyataan itu dia utarakan merujuk pada pengelihatan di lokasi.

“Kalau untuk surat tugas tidak mungkin saya tanya, saya melihat dengan mata kepala saya sendiri jelas memakai atribut polisi, Satpol PP, sebagian ada yang bawa tulisan,” kata Abdul.

Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.