India Klaim Habisi 40 Tentara China

Usai bentrok di Lembah Galwan pekan lalu, Pemerintah India melontarkan psywar. Menteri Transportasi India, VK Singh mengklaim, tentara India telah menghabisi 40 tentara China dalam bentrok itu.

“Jika di sisi kami 20 jadi martir, maka setidaknya korban di kubu mereka dua kali lipat dari itu,” ujar Singh kepada reporter stasiun televisi News24.

Seperti diketahui, India telah mengumumkan bahwa 20 tentaranya tewas dalam bentrokan di wilayah sengketa tersebut. Namun, sejauh ini kubu China memilih bungkam mengenai korban yang ditimbulkan dari bentrok di Lemba Galwan.

Singh mengaku kesal dengan China yang enggan membeberkan korban di kubu mereka. Sehingga, kata Singh, yang notabene mantan komandan angkatan darat, India terlihat sebagai pihak yang lemah dalam situasi ini.

Meski demikian, Singh tidak punya bukti untuk mendukung klaim bahwa 40 tentara Tiongkok tewas dalam bentrokan. Singh hanya mengatakan bahwa secara historis, China tidak pernah mengakui jumlah korban perang. Termasuk saat konflik 1962 dengan India.

Kementerian Pertahanan India menolak berkomentar soal pernyataan Singh tersebut. (reuters/kabarindong)

Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.