Baru Sepekan Terapkan, Anies Sudah Minta PSBB Diperpanjang

KABARINDONG – Asa warga Jakarta bisa menjalankan aktifitas normal sepertinya harus ditahan. Itu karena, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berencana memperpanjang berberlakuan Pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di wilayah Jakarta.

Anies Baswedan mengaku pesimistis dapat menanggulangi penyebaran virus Corona di Ibu Kota dalam 14 hari. Menurutnya, pelaksanaan PSBB selama 14 hari seperti yang diatur dalam Permenkes Nomor 9 Tahun 2020 tentang Pedoman PSBB tidak cukup.

“Dalam kenyataannya wabah seperti ini tidak bisa selesai dalam 14 hari. Karena itu hampir pasti PSBB harus diperpanjang,” kata Anies dalam rapat bersama Tim Pengawas Penanganan Covid-19 DPR, Kamis (16/4).

Lebih lanjut mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) itu menjelaskan, saat ini dibutuhkan kebijakan yang “berlebihan” daripada “kekurangan”. “Lebih baik kami mengansumsikan ini akan panjang. Bila ternyata pendek Alhamdulillah. Tapi bila asumsinya pendek, akan keteteran nanti,” ucapnya.

“Tapi berapa lamanya, saat ini setahu saya di seluruh dunia belum ada yang bisa selesai,” lanjut Anies.

Sebab itu, Anies menyatakan Pemprov DKI Jakarta bersiap menghadapi jalan panjang penanganan Covid-19. Menurutnya, pelaksanaan PSBB merupakan jawaban agar kasus positif Covid-19 di DKI Jakarta tidak terus bertambah. Sebab, Anies mengakui, infrastruktur di DKI terbatas.

“Pembatasan ini pasti akan berdampak pada penundaan jumlah kasus, tapi seperti kasus lain perlu waktu untuk mengetahui kebijakan ini berdampak bagaimana. Kami yakin dengan adanya pembatasan bisa menekan tingkat penularan,” tuturnya.

Selanjutnya, ia pun menyarankan tim pengawas mengundang pakar epidemiologi untuk memprediksi pelaksanaan PSBB yang ideal. “Kalau boleh kami mengusulkan agar timwas bisa secara khusus mengundang ahli epidemiologi, bisa memaparkan proyeksi atas Covid-19. Kami mendengarkan dari mereka karena ini bukan satu arah kebijakan, tapi proyeksi sains,” kata Anies. (swt)

Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.