Insaners dan KMSN Yakin Sarungan Jadi Tren Fashion di Indonesia

Sarungan dan pecian ala kiai, belakangan menjadi gaya hidup bagi masyarakat Indonesia. Terlebih sejak terpilihnya Joko Widodo sebagai Presiden untuk kali kedua dan KH Ma’ruf Amin sebagai wakilnya.

Dua pemimpin bangsa itu terutama Wapres KH Ma’ruf Amin, sarungan sudah menjadi kebiasaan. Bahkan, orang nomor dua di Indonesia itu, pernah berucap, meski menjadi pejabat ia tetap akan sarungan dan pecian.

Sementara itu, masyarakat kini tidak malu lagi ke mall mengenakan sarung yang biasa dipakai untuk pakaian salat bagi umat Muslim.

Tren sarungan dan mengenakan peci itu diangap oleh Ikatan Santri Entrepreneur (Insaners) Indonesia sebagai peluang ekonomi. Ya, Insaners Indonesia bersepakat dengan Koperasi Mitra Santri Nasional (KMSN) turut membudayakan ‘sarungan dan pecian’ sekaligus memberdayakan UMKM khususnya produsen sarung dan peci.

Kerjasama Insaners Indonesia dengan KMSN dalam membudaya dan memberdayakan UMKM tersebut ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) di Jakarta, Selasa (11/7).

Ketua Insaners Indonesia, Andri mengatakan, sarung dan peci saat ini bukan hanya dikenakan di lingkungan pondok pesantren. Namun, belakangan masyarakat umum pun memakai sarung untuk jalan-jalan.

“Ya, dalam beberapa kesempatan kami melihat beberapa pengunjung di super market atau mall mengenakan sarung dan peci. Ini artinya, sarungan dan pecian bisa dibilang sudah menjadi tren fashion masyarakat Indonesia,” kata Andri.

Lebih lanjut Andri mengungkapkan, kerjasama Insaners Indonesia dengan KMSN ini bukan semata-mata untuk mendapatkan keuntungan ekonomi dari tren sarungan dan pecian. Akan tetapi, kerjasama itu sebagai upaya untuk turut memberdayakan UMKM produsen sarung dan peci.

Insaners Indonesia, kata Andri, merupakan lembaga yang dibentuk oleh para alumni ponpes. Dengan latar belakang dan potensi yang ada, para jebolan ponpes itu bersepakat untuk membuat unit usaha sekaligus membudayakan sarungan dan pecian.

Ketua KMSN M Nur Kholis mengaku senang bisa bekerjasama dengan Insaners Indonesia dalam membudayakan dan memberdayakan UMKM. Nur Kholis juga optimistis, sarungan dan pecian akan menjadi tren mode fashion di Indonesia.

Ketua Dewan Pembina KMSN Gus Syauqi Ma’ruf Amin mengatakan, memberdayakan UMKM sudah jadi misi semua kalangan. Karena berdayanya UMKM akan menjadi tanda meningkatnya perekonomian masyarakat.

“Apalagi dalam kondisi seperti saat ini. Semua kalangan harus turut serta dengan pemerintah dalam memberdayakan perekonomian masyarakat,” pungkas putra Wapres Ma’ruf Amin ini. (yab/kabarindong)

Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.