Cerminkan Kebhinekaan, JBMI Dukung Keputusan Jokowi Calonkan Listyo Sigit Prabowo Sebagai Kapolri

Keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajukan Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo sebagai calon tunggal Kapolri mendapatkan dukungan dari berbagai kalangan. Di antaranya, dukungan datang dari Jam’yah Batak Muslim Indonesia (JBMI).

Sekretaris Jenderal (Sekjen) JBMI Arif Marbun mengatakan keputusan Presiden Jokowi menjadikan Komjen Listyo Sigit Prabowo sebagai pengganti Jenderal Pol Idham Azis sudah tepat. Menurutnya, keputusan itu mencerminkan semangat kebhinekaan di Indonesia.

“Ya, Keputusan Pak Presiden, sungguh cerminan kebhinekaan di Indonesia,” ujar Arif Marbun di Jakarta, Jumat (15/1).

Selain itu, kata Rois Am Forum Santri Nasional (FSN) ini, penunjukkan Komjen Listyo Sigit Prabowo juga sejalan dengan semangat Dalihan Natolu dalam budaya batak. “Inti ajaran Dalihan Natolu adalah kaidah moral berisi ajaran saling menghormati (masipasangapon) dengan dukungan kaidah moral saling menghargai dan menolong,” terang Marbun.

Lebih lanjut dikatakan, keputusan Presiden mengajukan Listyo Sigit Prabowo harus didukung dan dihormati. Mengingat mengajukan calon Kapolri merupakan hak preogratif Presiden.

“Presiden, bagaimanapun memiliki kekuasaan langsung yang diberikan oleh konstitusi untuk memutuskan calon Kapolri pengganti Jenderal Idham Aziz yang akan segera pensiun akhir Januari ini,” tuturnya.

Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.