Kabar Gembira, Vaksin Corona dari China Tiba di Indonesia Menunggu Diuji Klinis Bio Farma

Pemerintah resmi mengumumkan bahwa vaksin Virus Corona (COVID-19) dari China sudah tiba di Indonesia. Vaksin berasal dari Sinovac yang telah menjalani uji coba ke tahap lanjut.

Kedatangan calon Vaksin COVID-19 untuk RI itu diumumkan dari BUMN, yaitu PT Bio Farma (Persero). Pihak Kementerian Luar Negeri juga sudah mengkonfirmasi kedatangannya vaksin pada hari Minggu 19 Juli kemarin.

Namun, Kemlu tak menjelaskan dosis vaksin Corona yang tiba.

“Tibanya kemarin. Jumlah persisnya saya tidak ada informasi,” ujar (Plt.) Juru Bicara Kemlu Teuku Faizasyah, Senin (20/7)

Vaksin buatan Sinovac tersebut sedang menjalani uji klinis tahap ketiga oleh PT Bio Farma (Persero).

“Iya, memang vaksin Sinovac sudah sampai di Indonesia, sekarang dalam proses uji klinis di Bio Farma,” ujar Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga

Diharapkan, setelah lolos hasil uji klinis tersebut, vaksin Sinovac dapat segera diproduksi di dalam negeri.

“Bio Farma di kalangan internasional, di dunia vaksin memang sangat terkenal dan dianggap mampu membuat dan melakukan uji klinis. Sangat mampu,” jelasnya.

Arya menuturkan beberapa negara mengajak BUMN kesehatan itu untuk bekerja sama. “Jangan heran, memang Bio Farma dipercaya beberapa negara untuk diikutsertakan,” imbuh dia.

Ia juga menambahkan bahwa vaksin yang diterima Indonesia akan berbeda dengan vaksin-vaksin lainnya.

“Vaksin Sinvac ini agak berbeda, bisa juga untuk beberapa jenis virus corona yang berkembang, jadi dicoba di China juga sekarang ini lagi dalam proses percobaan,” tandasnya. (neo/kabarindong)

Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.