Pelatihan Memancing Pra Kerja Senilai 800 Ribu Disoal, Mina Indonesia Langsung Ganti Judul

KABARINDONG – Pelatihan memancing di paket pelatihan kartu prakerja seharga hampir Rp 800 ribu menuai kritik. Tapi begitu keras kritik mengalir, semudah itu langsung ganti judul pelatihan.

Bagaimana dengan yang sudah mendaftar dalam pelatihan memancing?

Viral sebuah twit soal salah satu paket pelatihan di Kartu Prakerja. Twit itu diunggah oleh akun @wilsonsitorus, Kamis (30/4). Paket pelatihan yang dimaksud ialah paket pelatihan dasar memancing.

“Pak Jokowi yang baik, saya sudah kehabisan akal manakala mendapati ini,” ujar akun @Wilsonsitorus.

Dalam unggahannya, akun tersebut menyertakan dua gambar hasil tangkapan layar laman berbelanja daring Tokopedia.

Di laman itu terlihat profil salah satu penyedia jasa pelatihan di Kartu Prakerja, Mina Indonesia. Perusahaan tersebut menyediakan dua model pelatihan.

“Tapi saya jengkel, dan semakin jengkel menemukan pelatihan seperti ini,” ujar akun @wilsonsitorus.

Kejengkelan Wilson Obrigados, pemilik akun @wilsonsitorus, ditujukan ke paket dasar pelatihan untuk pemegang kartu prakerja yakni pelatihan memancing dan kelautan. Menurutnya, memancing adalah hobi. Sehingga tak perlu dilatih apalagi dibiayai.

“Memancing itu seperti naik sepeda. Sekali bisa, seumur hidup tak akan lupa. Jadi tidak perlu dilatih,” ujar Wilson.

Wilson menceritakan julukannya sebagai Nyonya Besar dalam dunia pemancingan Indonesia. Menurutnya julukan Nyonya Besar yang melekat padanya bisa membuat pemancing lain gemetar. Meski begitu, ia tetap menegaskan memancing hanyalah hobi.

“Kita tak seremeh-temeh ini Bapak. So please Bapak @jokowi yang saya hormati, kembalikanlah kartu prakerja ini ke khittahnya sebagai sokoguru bagi mereka yang kena PHK,” ujar Wilson.

Wilson merupakan seorang aktivis era reformasi. Pada laman akun di tokopedia tersebut, terdapat dua paket pelatihan. Pertama soal Pelatihan Dasar-dasar Digital Marketing.

Kedua, paket pelatihan yang disoroti Wilson. Namun, paket yang disoroti Wilson telah berubah nama menjadi paket dasar usaha perikanan. Bukan lagi soal cara memancing.

Melalui akun twitter resminya, Mina Indonesia @mina_indonesia Tak membantah telah mengubah nama paket yang disoroti Wilson.

“Mungkin perubahan judul ini atas pertimbangan menyesuaikan kondisi saat ini yang membutuhkan pelatihan yang langsung mudah di aplikasikan masyarakat,” tulis akun tersebut.

“Kami ingin mengklarifikasi bahwa sebelumnya di program prakerja ini kami mengusulkan pelatihan berjudul paket dasar pelatihan usaha perikanan dan kelautan (fisheries and marine skill starter pack) dengan harapan menumbuhkan wirausaha baru dibidang perikanan” Tulis Akun Mina Indonesia

Mina Indonesia ialah perusahaan education technology yang berfokus untuk melakukan pendidikan, pelatihan di bidang bisnis, dan karier berstandar internasional di Indonesia dan Asia Tenggara.

“Namun tentu kami sangat terbuka dengan segala masukan yang ada kak, jika dirasa pelatihan memancing ini kurang relevan dengan kondisi saat ini, maka kami tentu bersedia mengevaluasi dan mengajukan kembali perubahan dengan platform mitra kami kak” twit admin Mina Indonesia.

Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.