Setelah Asian Games, Jokowi Ingin Indonesia Jadi Tuan Rumah Olimpiade

KABARINDONG, Bogor – Gelaran Asian Games Jakarta-Palembang 2018 boleh dibilang sukses. Bukan hanya dari segi prestasi, Indonesia sebagai tuan rumah pesta olahraga terbesar se-Asia juga patut diacungi jempol. Mulai dari pembukaan hingga jelang penutupan, tidak ada insiden yang menghambat gelaran Asian Games.

Sukses jadi tuan rumah Asian Games itu membuat Presiden Joko Widodo berharap Indonesia bisa kembali menjadi tuan rumah even olahraga. Tentunya even yang lebih besar dari Asian Games, misalnya Olimpiade.

Ya, Jokowi ingin Indonesia menjadi tuan rumah Olimpiade 2032. “Dengan pengalaman yang kita miliki dalam penyelenggaraan Asian Games 2018 ini, maka kita, Indonesia, yakin bisa dan mampu jadi tuan rumah untuk perhelatan yang lebih besar,” ujar Jokowi setelah menerima Presiden IOC dan OCA di Istana Bogor, Sabtu (1/9).

Jokowi mengakui, pada gelaran Asian Games di Indonesia masih ada beberapa masalah seperti pengelolaan tiket yang amburadul dan kapasitas venue yang terbatas. Namun Presiden Jokowi tetap yakin Indonesia dapat menjadi tuan rumah Olimpiade.

So,kenapa harus menunggu 2032? Ya, Indonesia harus mengantre. Olimpiade digelar empat tahun sekali. Setelah digelar di Brasil, Olimpiade akan dilaksanakan di Tokyo pada 2020, dan berlanjut ke Paris pada 2024, dan Los Angeles pada 2028.

“Oleh sebab itu, Indonesia berencana secepatnya untuk mengajukan diri sebagai kandidat tuan rumah Olimpiade pada tahun 2032,” dia melanjutkan. (ziz/wan)

Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.