Real Madrid Siap Gusur Barcelona Dari Puncak Klasemen

Barcelona terancam tergusur dari puncak klasemen sementara La Liga Spanyol. Ancaman itu datang setelah Lionel Messi dkk gagal memetik kemenangan saat menghadapi Sevilla dalam laga pekan ke-30 di Estadio Ramon Sanchez Pizjuan, Sabtu (20/6) dini hari WIB.

Ya, pasukan Cataluna hanya bermain imbang tanpa gol. Hasil imbang tersebut membuat Barcelona mengumpulkan 65 poin yang bisa disamai Real Madrid yang sudah mengoleksi 62 poin. Real Madrid baru melakoni pekan ke-30 di kandang Real Sociedad, Senin (22/6) dini hari WIB.

Real Madrid punya keunggulan catatan head to head berupa satu kemenangan dan satu hasil imbang kontra Barcelona musim ini. Dengan demikian, Madrid berhak menduduki posisi lebih tinggi jika memiliki poin yang sama di klasemen.

Hal serupa juga mengancam Sevilla (52) yang menduduki posisi ketiga dan raihan poinnya bisa disamai oleh Atletico Madrid jika mereka menang lawan Valladolid Minggu dini hari WIB, sebab kalah selisih gol.

Dalam pertandingan di Ramon Sanchez Pizjuan, statistik mencatat Barcelona mendominasi lebih dari 60 persen penguasaan bola sepanjang laga dan mengancam sejak empat menit setelah sepak mula, tetapi tembakan Luis Suarez masih mudah dijinakkan kiper Tomas Vaclik.

Messi lantas memperoleh dua peluang beruntun lewat eksekusi tendangan bebas, tetapi satu tembakannya bisa disapu oleh Jules Kounde di garis gawang dan yang lainnya mudah diamankan oleh Vaclik.

Setelah turun minum dalam keadaan imbang tanpa gol, tuan rumah mengambil inisiatif menyerang memasuki babak kedua dan berhasil memaksa kiper Marc-Andre ter Stegen melakukan dua penyelamatan atas tembakan Lucas Ocampos dan Munir El Haddadi.

Barcelona kembali mendominasi permainan dan pada menit ke-74 beroleh peluang tendangan bebas lagi, yang kali ini dieksekusi lebih baik oleh Messi, tapi Vaclik melakukan tepisan cerdik untuk memantulkan bola ke mistar gawang dan menghindarkan marabahaya.

Dua menit jelang bubaran waktu normal, Jordi Alba mengirimkan umpan tarik matang ke dalam kotak penalti yang disambut tembakan sentuhan pertama oleh Suarez, yang sayangnya mendarat di tribun tak bertuan.

Pada injury time, Sevilla sebetulnya punya kesempatan bagus untuk mengantungi tiga poin penuh ketika Alba melakukan sapuan buruk dan bola jatuh di hadapan Sergio Reguilon, tetapi bek sayap itu gagal menaklukkan Ter Stegen dari jarak dekat. Skor kacamata tak berubah ketika wasit meniupkan peluit tanda laga berakhir.

Opta melansir, hasil 0-0 ini membuat Barca untuk pertama kalinya gagal mencetak gol dalam 16 pertandingan terakhir di markas Sevilla, dengan Messi berada di lapangan. Dari 16 laga itu, Barca menang sembilan kali, lima imbang dan dua kali kalah. (yab/kabarindong)

Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.