Megawati Terpingkal Dengan Usulan Debat Capres Berbahasa Inggris

JAKARTA, Kabarindong – Wacana debat capres-cawapres menggunakan bahasa Inggris sempat ramai diperdebatan terutama Warganet. Meski begitu, Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri baru tahu ada wacana itu.

Karenanya, saat diminta tanggapan terkait wacana itu, putri Presiden RI pertama Soekarno itu langsung terpingkal-pingkal. Ya, Megawati merasa aneh dengan usulan tersebut mengingat debat capres-cawapres RI, namun menggunakan bangsa lain.

“Makanya saya ketawa ada yang mengusulkan debat pakai bahasa Inggris. Ke mana bahasa kita? Apa kalau bahasa Inggris istimewa? Tidak,” kata Megawati di Kantor DPP PDI Perjuangan, Jakarta Pusat, Kamis (20/9).

Menurut Megawati, bangsa Indonesia harus bangga dengan bahasa yang nasional sendiri. Presiden Kelima RI ini menyontohkan penyanyi asal Indonesia yang sudah berkeliling dunia, Anggun Cipta Sasmi. Menurut Megawati, Anggun tetap tidak lupa dengan jati dirinya sebagai warga Indonesia.

“Lihat penyanyi kita, Anggun. Sudah internasional, tapi dia masih njawani (hidup dengan falsafah Jawa). Tidak menjadi sombong, masih tetap Indonesia,” ujar Megawati.

Kemudian Megawati mengingatkan masyarakat harus bangga dengan jati diri bangsa Indonesia. Karena itu, kata Megawati, tantangan generasi muda Indonesia ke depan adalah tetap mempertahankan jati diri Indonesia.

“Tanggung jawab anak muda adalah mempertahankan jati diri,” pungkas Megawati. (ziz/wan)

Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.