Pengamat: Mungkin Ini yang Bikin Megawati Ogah Salami Paloh dan AHY

KABARINDONG – Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri bikin heboh. Pucuk pimpinan partai berlambang Banteng Moncong Putih itu tertanggap kamera tidak mau menyalami Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh dan Ketua Kogasma Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Momen itu tertangkap saat mereka menghadiri pelantikan anggota DPR-MPR RI periode 2019-2024, di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta,Selasa (1/10). Tak ayal, momen itu memantik berspekulasi publik bahwa partai pendukung pemerintahan Presiden Joko Widodo tengah tidak harmonis.

Direktur Eksekutif Indonesia Political Review Ujang Komarudin pun mencoba menganalisis soal Megawati yang tidak menyalami Paloh dan AHY. Menurut Ujang, tidak bersalamannya Megawati dan Paloh menjadi bertanda, adanya persaingan internal di kubu Presiden Jokowi. “Ini menandakan bahwa ada persaingan pengaruh di internal kubu Jokowi. Itu yang paling penting,” kata Ujang saat dihubungi awak media, Rabu (2/9).

Akademisi Universitas Al-Azhar ini menduga, Megawati dan Paloh berebut posisi sebagai figur sentral di dalam pemerintahan Jokowi periode kedua memimpin Indonesia. Namun Ujang menganggap wajar kedua tokoh menganggap dirinya bakal punya peran sentral di pemerintahan Jokowi. Sebab, perolehan suara PDI Perjuangan dan Nasdem menguat di Pileg 2019.

“Hanya ada dua partai yang katakanlah suaranya bertambah sangat signifikan. Jadi, yang pertama itu NasDem, walaupun dia empat besar, suaranya paling tinggi, 130 persen lebih kalau enggak salah. Di saat yang sama, PDI Perjuangan juga naik suaranya yang menjadi 128 kursi, yang sebelumnya 109 kalau enggak salah,” ungkap dia.

Lebih lanjut Ujang memprediksi, aroma persaingan dua tokoh ini bakal meruncing. Meski kader partai PDI Perjuangan dan NasDem bakal giat membantah adanya persaingan itu. “Kalau menurut hemat saya, bahasa tubuh yang dilakukan Megawati bisa jadi mencerminkan daripada persaingan itu,” timpal dia.

Sebelumnya beredar video berdurasi 15 detik yang merekam adegan di area VIP, ruang Rapat Paripurna DPR, Selasa (1/9) kemarin. Ketika itu, Megawati tampak sedang berjalan melewati tempat duduk sejumlah tokoh. Orang pertama yang dia lewati ialah Komandan Kogasma Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY.

AHY tampak menangkupkan tangannya ke arah Megawati. Kemudian AHY mengulurkan tangan kepada Megawati untuk bersalaman. Namun, Megawati berjalan berlalu tanpa menyambut tangan AHY.

Megawati justru memilih untuk bersalaman dengan politikus Golkar Rizal Mallarangeng yang duduk di sebelah AHY. Setelah itu, Megawati berjalan mendekati kursi yang ditempati Surya Paloh. Seperti AHY, Megawati pun tidak menyalami Paloh. Dari rekaman video, Megawati tampak bersalaman dengan Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa.

Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.