Ini Hasil Survei ASI Khusus Terkait Kinerja Wapres Ma’ruf Amin

Jelang satu tahun usia pemerintah Joko Widodo-Ma’ruf Amin, lembaga surveri Arus Survei Indonesia (ASI) melakukan riset. Kali ini riset yang dilakukan terkait tingkat kepuasan publik terhadap kinerja duet Jokowi-Ma’ruf.

Hasil survei menyebutkan, bahwa 67,4% publik mengaku puas. Meski demikian, publik setuju bila dilakukan perombakan kabinet Indonesia Maju.

“Ada beberapa yang kami tanyakan dalam survei. Selain kepuasan, juga kami tanyakan terkait resuffle. Hasilnya, 75,6% publik setuju ada resuffle,” ungkap Direktur Eksekutif ASI, Ali Rif’an kepada Kabarindong.com, Jumat (19/6).

Selain itu, kata Ali Rif’an, pihak mensurvei terkait masing-masing kinerja dua figur nasionalis-religius tersebut. Hasilnya, 68,3% publik puas dengan kinerja Jokowi, 25,0% mengatakan tidak puas. “Sisanya 6,7% mengaku tidak tahu/tidak jawab,” ujar pria berkaca mata minus ini.

Nah, yang mengejutkan hasil survei terkait kinerja Ma’ruf Amin. Menurut Rif’an, sebanyak 59,5% (gabungan sangat puas + cukup puas) publik mengatakan puas. Sementara 34,4% (gabungan kurang puas + sangat tidak puas) mengatakan tidak puas. Sisanya 6,1% mengaku tidak tahu/tidak jawab.

“Ya, ada peningkatan angka kepuasan publik terhadap kinerja Wakil Presiden (Ma’ruf Amin). Itu bila dibandingkan dengan waktu 100 hari kerja pemerintah Jokowi-Ma’ruf lalu.

Rif’an menduga publik puas dengan kinerja Wakil Presiden karena aktif ambil bagian dalam penanganan pandemi Corona. “Memang selama pandemi, Wapres terlihat aktif menangani pandemi,” tutur Rif’an.

Rif’an menjelaskan, bahwa survei dilakukan pada 9-12 Juni 2020 di 34 provinsi di Indonesia dengan cara telesurvei, yaitu responden diwawancara melalui kontak telepon menggunakan kuesioner.

Metode penarikan sampel Multistage Random Sampling. Jumlah responden 1000 responden dengan margin of error +/- 3.1% pada tingkat kepercayaan 95%. (ism/kabarindong)

Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.