Intruksi Jokowi: Kirim Masker Sebanyak-banyaknya ke Jatim

Dalam beberapa hari terakhir, penularan virus Corona di wilayah Jawa Timur sangat massif. Hal itu yang membuat Presiden Joko Widodo berinisiatif turun gunung untuk mengetahui secara langsung penyebabnya.

Ya, pada Kamis (25/6) orang nomor satu di Indonesia itu bertandang ke Surabaya, Jawa Timur. Jokowi ingin mendengarkan laporan dari para kepala daerah dan tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Jawa Timur.

Mantan Wali Kota Solo dan Gubernur DKI Jakarta itu tercengang ketika mendapat laporan bahwa 70 persen masyarakat Jatim tidak mengenakan masker selama pandemi Covid-19.

“Tadi disampaikan masih 70 persen yang enggak pakai masker, ini angka yang gede banget,” ucap Presiden Jokowi dalam rapat koordinasi bersama sejumlah kepala daerah dan tim Gugus Tugas di Surabaya, Kamis (25/6).

Karena itu, Jokowi meminta semua elemen masyarakat, terutama tokoh masyarakat dan tokoh agama terus menyosialisasikan pentingnya protokol pencegahan Covid-19. Yaitu memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun.

“Saya hari ini minta Gugus Tugas Nasional, Pak Menkes kirim masker sebanyak-banyaknya ke Surabaya, ke Jatim,” tandas Jokowi.

Jokowi mengingatkan jangan sampai ada yang merasa saat ini kehidupan sudah normal sehingga bebas tak pakai masker. New normal adalah tatanan kehidupan baru yang menyesuaikan dengan protokol Covid-19.

“Jangan sampai ada masyarakat yang memiliki perasaan yang masih normal saja, sehingga ke mana-mana enggak pakai masker, lupa cuci tangan sehabis kegiatan, masih berkerumun di dalam kerumunan yang tak perlu. Ini harus selalu diingatkan,” pungkas Jokowi. (ism/kabarindong)

Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.