Kang Emil Larang Warga Jakarta Wisata ke Jabar

Dampak Kebijakan Anies Baswedan yang Memberlakukan PSBB

Kebijakan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) berbuntut panjang. Seiring dengan kebijakan tersebut, Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil melarang warga DKI Jakarta bepergian atau berwisata ke Jabar.

Gubernur yang akrab disapa Kang Emil mengaku tidak ingin pemberlakukan PSBB di Jakarta tidak berjalan efektif. Seperti sebelumnya, warga Jakarta berbondong-bondong keluar daerah selama diberlakukan PSBB.

Menurut Kang Emil, kurang lebih 70 persen wisatawan yang berkunjung ke Puncak Bogor bukan warga Jabar. “Sebagian dari Jakarta,” tandasnya.

“Jadi, kalau begitu tidak mengetatkan, hanya memindahkan interaksi pergerakan. Kami sudah lakukan koordinasi,” ucap Kang Emil.

Kang Emil mengatakan, dengan diberlakukannya PSBB Jakarta, maka pembatasan antarwilayah pasti terjadi. Pihaknya akan melakukan rapat terkait hal ini, juga bersama Dishub.

“Wali kota dan bupati masih menghitung jumlah warga yang kerja informal di Jakarta. PSBB ketat tidak bisa berjualan, karena berpengaruh pada bansosnya. Apakah PSBB ini didukung dana Bodebek, provinsi, atau pusat,” ujarnya.

Emil mengatakan, keputusan di DKI Jakarta kembali melakukan PSBB berpengaruh di tingkat regional sampai nasional.

“Makanya saya bilang, keputusan di DKI punya pengaruh di regional sampai nasional. Mudah-mudahan koordinasinya bisa lebih baik, lebih mendalam, sehingga semuanya mendukung dan tidak terkesan ada perbedaan yang jadi ramai,” pungkasnya.

(win/kabarindong)

Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.