Kantor Bupati Sidoarjo Belum Ditutup

Senin 24 Agustus Pegawai Jalani Swab PCR di GOR Sidoarjo

Plt Bupati Sidoarjo, Jawa Timur, Nur Ahmad Syaifuddin (Cak Nur) dinyatakan meninggal akibat positif Covid-19. Meski demikian, kantor Bupati Sidoarjo tidak ditutup.

Ya, kantor Bupati Kota Udang-sebutan Kabupaten Sidoarjo-akan beroperasi seperti biasanya. Hal itu diungkapkan Direktur RSUD Sidoarjo dr Atok Irawan.

Ia menyatakan, “Belum. Kantor bupati belum kami rekomendasikan untuk ditutup,” kata Atok pada Minggu (23/8).

Lebih lanjut Atok menjelaskan, sebelum mengeluarkan rekomendasi menutup kantor Bupati Sidoarjo, terlebih dulu akan melakukan tracing dan tes swab terhadap para pegawai yang memiliki kontak erat dengan Cak Nur.

“Kontak erat semuanya besok Senin (24/8) oleh Dinkes Sidoarjo, akan dilakukan swab PCR di GOR Sidoarjo,” katanya.

Hasil swab itu yang bakal menentukan apakah kantor Bupati akan ditutup atau tidak. Ia mengatakan kewenangan itu ada pada Dinkes Sidoarjo.

“Ini kewenangan Dinkes. Tergantung hasil tracing swab PCR besok. Insyaallah enggak sampai tutup,” ucapnya.

Plt Bupati Sidoarjo Nur Ahmad Syaifuddin, dinyatakan meninggal dunia akibat infeksi corona (Covid-19), Sabtu (22/8) sekitar pukul 15.00 WIB. Sebelum wafat, Cak Nur diketahui telah sakit sejak 10 hari lalu.

Namun, Kepala Dinas Kesehatan Sidoarjo, Syaf Satriawarman mengatakan, selama 10 hari sakit itu, Cak Nur enggan dirujuk ke rumah sakit, dan lebih memilih untuk dirawat di kediamannya.

Sabtu pagi, kondisi Cak Nur makin memburuk. Ia pun akhirnya dirujuk ke RSUD Kabupaten Sidoarjo. Tubuhnya makin lemah dan tak nafsu makan.

Sesampainya di RSUD Sidoarjo, Cak Nur pun langsung menjalani swab. Dan dua jam kemudian, hasil pemeriksaan menunjukkan, bahwa ia terkonfirmasi positif Covid-19.

Menurut Syaf selama 10 hari itu Cak Nur mulanya tak memiliki gejala berat. Namun, dua hari terakhir kondisi tubuhnya lemah, demam, batuk dan sesak.

Cak Nur dimakamkan di kampung halamannya di Desa Janti, Sidoarjo, Jawa Timur, dengan menerapkan protokol kesehatan, Sabtu malam. (abe/kabarindong)

Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.