Analisis Bijak Roy Suryo Terkait Unggahan Presiden Jokowi

KABARINDONG – Pakar telematika yang juga mantan politikus Demokrat Roy Suryo ikut meramaikan postingan Presiden Joko Widodo terkait gambar ilustrasi orang salat. Roy Suryo beralasan ikut berkomentar lantaran diminta followers-nya.

Terkait gambar ilustrasi yang diposting orang nomor satu itu, kata Roy Suryo memang ada yang aneh. “Viral komentar mengenai kartun atau ilustrasi yang ada di akun resmi Pak Jokowi ini dan saya diminta ikut analisa,” kata Roy dikutip dari cuitannya di Twitter, Rabu (20/5).

Berdasarkan telaah Roy Suryo, pertama, kalau salat duha, artinya sinar dari Timur, dan menghadap ke Utara. “Kedua, kalau salat Ashar, sinar dari Barat, hadap ke Selatan. Atau kemungkinannya bisa saja ini tetap menghadap kiblat ke Kabah di Makkah, namun ketiga, salat Isya atau Tahajud atau Subuh. Namun ‘cahaya yang masuk’ itu bukan matahari, melainkan lampu penerangan yang sangat kuat dari luar,” jelasnya.

Sedangkan analisa keempat, bisa saja gambar yang dianggap salah kiblat dan diunggah Jokowi itu menggambarkan salat Duha atau Asar, tetapi orang yang di gambar itu bukan di Indonesia.

Seperti diketahui, gambar ilustrasi orang salat yang diunggah Presiden Jokowi ramai dibahas netizen. Pasalnya banyak netizen yang menganggap itu salah kiblat. Dalam keterangan di gambar itu, Jokowi meminta agar masyarakat tak boleh lengah dengan tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan. Tetap mencuci tangan, menjaga jarak, termasuk menghindari keramaian.

Tetapi bukan pesan Jokowi yang disoroti publik, justru banyak yang fokus pada unggahan orang salat salah kiblat. (ddy)

Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.