Bima Arya Senang Dapat Hadiah Mobil Lab Covid-19 dari Kemenristek

Kemenristek membagikan Laboratorium Mobile Biosafety Level (BSL) 2 kepada sejumlah pemerintah daerah (Pemda). Salah satunya, kepada Pemerintah Kota Bogor, Jawa Barat.

Wali Kota Bogor Bima Arya mengaku senang dan berterima kasih kepada Kemenristek atas bantuan BSL 2. Menurut orang nomor satu di Kota Hujan (sebutan Kota Bogor) ini, BLS 2 akan mempercepat pengujian spesimen Covid-19 di daerahnya.

“Bantuan ini sangat berarti, ini melengkapi lab PCR kita yang kita miliki di RSUD, tetapi seiring pertambahan kasus kita perlu lebih cepat dan lebih banyak,” ujar Bima Arya di Jakarta, Senin (11/1).

Untuk mengoperasikan, Bima mengaku akan menyiapkan delapan orang petugas supaya bisa maksimal melakukan pengujian spesimen dengan metode PCR di lab mobile BSL 2 tersebut.

Menristek Bambang Brodjonegoro mengatakan Lab mobile BSL 2 tersebut merupakan hibah dari Kemenristek)/Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

“Ini pertama kalinya kami memberikan hibah mobile lab BSL 2 kepada pihak ketiga, yaitu Pemerintah Kota Bogor,” kata Bambang.

Bambang menyatakan lab mobile BSL 2 itu merupakan inovasi Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT). Lab mobile itu diharapkan bisa membantu meningkatkan pemeriksaan spesimen berbasis PCR guna mendeteksi Covid-19.

Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.