Asah Literasi Digital Guru BK, MGBK DKI Jakarta Gelar E–Learning Berorientasi pada HOTS

Musyawarah Guru Bimbingan Konseling (MGBK) DKI JAKARTA menggelar pelatihan E-Lerning BK yang berorientasi pada HOTS (Higher Order Thinking Skill), Ester Damanik ketua MGBK DKI Jakarta sekaligus penggagas pelatihan E Learning ini dilakukan untuk peningkatan kompetensi Guru Bimbingan Konseling di Sekolah.

Agenda pelatihan itu sendiri dilansungkan selama 6 hari dari tanggal 1-6 Juni 2020. Panitia pelatihan terdiri dari beberapa pengurus MGBK DKI Jakarta, pelatihan ini dilakukan dengan sistem daring.

Karena dilaksanakan bertepatan dengan peringatan hari lahirnya Pancasila agenda pelatihan ini juga diharapkan agar nilai-nilai Pancasila sebagai pedoman dan menjaga semangat guru BK untuk selalu mengupdate pengetahuan dan meningkatkan kompetensi di tengah pandemi covid 19.

“Peranan Guru BK sangat penting bagi dunia pendidikan, karena itu guru BK tidak boleh lelah untuk terus belajar meningkatkan kemampuannya” terang Ester dalam sambutannya

Kegiatan itu sendiri diikuti tidak kurang dari 700 peserta dari berbagai daerah di Indonesia. Para peserta ini sebagian besar merupakan guru Bimbingan Konseling di SMP/MTs dan SMA/SMK.

Diungkapkan Ester selain dari guru BK ada juga peserta yang merupakan mahasiswa, serta kepala sekolah yang juga ingin memahami tentang teknis penyelenggaraan Bimbingan Konseling di sekolah.

Eny Usmawati Widyaiswara Kemdikbud PPPPTK Penjas dan BK, selaku narasumber mengatakan, tujuan dari penyelenggaraan kegiatan E-Learning bagi guru Bimbingan Konseling ini bukan semata-mata untuk meningkatkan kompetensi guru BK di sekolah. Akan tetapi, kompetensi literasi digital pun terasah dan semakin baik dalam melaksanakan pembelajaran jarak jauh.

“Melalui E-learning berorientasi HOTS ini, kompetensi literasi digital para guru BK dapat terus diasah, apalagi dalam kondisi pandemi covid-19 ini, dan guna menyambut pembelajaran era normal baru, kompetensi digital ini sangat penting dimiliki para Guru BK” pungkas Eni (mam/kabarindong)

Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.