Tim SAR Temukan Kotak Hitam Pesawat Sriwijaya Air SJ 182

Usaha tim SAR dalam mencarai kotak hitam (black box) pesawat Sriwijaya Air SJ 182 yang jatuh Kepulauan Seribu, Jakarta berbuah hasil. Tim SAR hanya membutuhkan empat hari untuk dapat menemukan kotak hitam pesawat nahas tersebut.

Kotak hitam pesawat Sriwijaya Air SJ 182 ditemukan tim SAR sekitar pukul 16.00 WIB, Selasa (12/11). Setelah berhasil diangkat dari perairan Kepulauan Seribu, kotak hitam langsung dibawa ke posko di Dermaga JICT 2, Jakarta Utara.

Berdasarkan informasi estimasi waktu pelayaran dari titik KRI Rigel lempar sauh hingga ke Dermaga JICT perkiraannya sekitar 30 menit.

Sriwijaya Air SJ 182 jatuh pada Sabtu (9/1) lalu usai lepas landas dari Bandara Soekarno Hatta. Sedianya pesawat nahas tersebut akan menuju Bandara Supadio, Pontianak, Kalimantan Barat.

Black box atau kotak hitam adalah istilah umum yang digunakan dalam industri penerbangan untuk merekam data selama pesawat diterbangkan.

Walaupun disebut kotak hitam, nyatanya black box dibalut warna yang terang menyala atau cerah agar mudah teridentifikasi dalam operasi pencarian.

Untuk mempermudah menemukannya, black box sebenarnya tidak berwarna hitam melainkan berwarna oranye terang. Dengan penemuan black box Sriwijaya Air SJ 182 ini diharapkan penyebab kecelakaan pesawat nahas tersebut segara terungkap.

Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.