KH Maruf Amin Kembali Berziarah, Ke Pusaran Sunan Ampel

Kabarindong – Cawapres terpilih versi quick count dan realcount sementara KPU RI, KH Ma’ruf Amin kembali berziarah ke Pusaran Sunan Ampel, Ahad (28/4/2019).

Sebelum berziarah, Kiai Ma’ruf menghadiri tasyakuran bertema Dari Jawa Timur Merajut Persatuan Indonesia.

Tasyakuran yang diselenggarakan oleh PWNU Jawa Timur (Jatim), di Jalan Masjid Al-Akbar, nomor 9, Gayungan, Kota Surabaya, Jatim.

Kehadiran Kiai Maruf yang didampingi oleh Habib Ahmad bin Idrus Al-Habsyi, mendapat sambutan antusias dari warga dan peziarah makam Raden Rahmatullah, atau Sunan Ampel.

“Ziarah dan haul adalah tradisi warga NU untuk mengingat dan meneladani perjuangan orang tua, sesepuh dan tokoh yang dihormati. Saya dan ribuan muslim berziarah ke pasarean Sunan Ampel. Beliau adalah perintis dakwah pesantren di Nusantara ujar Kiai Ma’ruf.

KH Maruf Amin Kembali Berziarah

Kiai Ma’ruf jugamengucapkan terimakasih kepada warga Jawa Timur, khususnya warga Nahdliyin. Karena, warga Nahdliyin telah bersatu memenangkan paslon nomor urut 01 dalam Pilpres 2019.

Ya, perolehan suara di Jawa Timur memang salah satu penentu kemenangan paslon 01, yakni Joko Widodo – KH Ma’ruf Amin.

Di Jatim, duet sosok nasionalis-religius itu unggul jauh dari paslon nomor urut 02 Prabowo Subianto – Sandiaga Uno.

“Saya bersyukur bisa hadir di sini. Saya utamanya berterimakasih kepada warga Jawa Timur. Karena kemenangan 01 di Indonesia, di antaranya ditentukan oleh kemenangan di Jawa Timur,” ungkap Kiai Ma’ruf.

Ketua Dewan Pembina Master C19, Gus Syauqi Ma’ruf bersama Direktur Master C 19 dan para relawan portal KMA di Jawa Timur juga turut mendampingi ziarah Kiai Ma’ruf.

“Tradisi warga NU, kalau berkunjung ke suatu daerah, menyempatkan diri untuk berziarah ke makam ulama, atau tokoh setempat.

Biasanya, setelah sowan ke Kiai atau tokoh yang masih ada, kemudian berziarah ke tokoh yang sudah di alam baka,” papar Gus Syauqi.

Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.