Tiga Kewarasan Untuk Memenuhi Terwujudnya Tujuan Kesejahteraan

Tiga Kewarasan Untuk Memenuhi Terwujudnya Tujuan Kesejahteraan

Ada 3 kewarasan yang hrs dibangun dan kita sadari bersama untuk memenuhi terwujudnya tujuan kesejahteraan, kemajuan, keadilan, dan kedamaian bersama untuk masyarakat dunia.

Tanpa 3 kewarasan ini sulit kita wujudkan dengan baik tujuan di atas tersebut. 3 kewarasan (Sanity 3) tersebut yaitu unition (persatuan), verbalitation (komunikasi), dan salvation (keselamatan), yang dirangkai menjadi “san3 universal”.

Sanity universal ini mengadopsi semangat rahmatan lil alamin, menjadi rahmat atau berkah kasih sayang bagi seluruh alam

Konteks-konteks keagamaan menjadi penting dan harus terajut dengan baik disamping sisi kebudayaan yang hrs terarah, bahwa membangun SDM dan maju bersama.

Adalah semangat yang sesungguhnya hrs dibawa kemana dan dimana saja

Rajutan yang baik melalui komunikasi yang baik, santun, dan saling menghargai menjadi kunci dapat dibangunnya kesejahteraan bersama dan menjadi tanggung jawab bersama-sama, bukan hanya mewujudkannya tetapi juga dalam menjaganya.

Agama pada dasarnya membangunkan kesadaran, semangat kedamaian selalu menyertainya. Kegaduhan bukan diciptakan oleh agama, tapi hasrat dari manusia itu sendiri, yang lupa memperhatikan bahwa dampak yang diperbuatnya adalah kerusakan.

Kebudayaan, adalah rangkai bersama untuk memajukan dari sebuah komunitas masyarakat sehingga memjadi tradisi. Semangatnya adalah membangun kemajuan bersama, dan itu tidak dapat terwujud dalam kegaduhan.

Tiga Kewarasan Untuk Memenuhi Terwujudnya Tujuan Kesejahteraan

Pendidikan, penanaman simulasi terarah untuk membangun sumber daya manusia berdasarkan pengetahuan dan pengamalan.

Semangatnya terbentuknya generasi yang cerdas dan mampu membangun kemajuan secara umum dengan tetap dilandasi dengan nilai-nilai moral yang banyak bersumber dari nilai-nilai keagamaan dan budaya agar perwujudan pembangunan dapat secara menyeluruh, mendalam, dan berkesinambungan

Negara, kedaulatan negara menjaga semangat implementasi dari gerakan kemajuan dan pembangunan SDM, yang menjaga kualitas hidup masyarakat suatu negara yang berkedaulatan, dengan pendampingan pemerintahan yang mengawal sistem dan mekanisme pembangunan dan kemajuan sebuah negara, dengan kesadaran menghargai kedaulatan negara-negara yang lain,

Serta menyadari bahwa kedaulatan adalah hak setiap negara untuk melindungi masyarakatnya dan mengawal kemajuan bangsanya serta membangun keseimbangan kemajuan masyarakat dunia yang dikawal oleh setiap pemerintahan yang sah sesuai sistem yang berlaku di negara itu sendiri.

Tiga kewarasan ini kembali menjadi penting untuk mewujudkan penghargaan dan saling menghormati antara setiap individu dengan individu, agama dengann agama, kebudayaan dengann kebudayaan.

Sistem pendidikan dengan sistem pendidikan, dan sampai dengan negara dengan negara, sehingga terwujudlah kedamaian dunia yang menghasilkan kemajuan bersama dan keseimbangan antara setiap invidu, kelompok, negara, dan apapun yang ada yang menjadi bagian di dunia ini.

Bersatulah, kemajuan bersama tidak akan terwujud tanpa kebersamaan. Berkomunikasilah, keseimbangan, saling mengerti, saling menghargai, dan kebersamaan tidak akan terwujud tanpa terjalinnya komunikasi yang bai

Selamatkanlah, selamatkan diri kita, bangsa kita, negara kita, dunia ini, siapapun dan apapun yang ada di dunia ini.

Karena ini adalah semangat dasar dari ajaran setiap agama, nilai-nilai budaya, pendidikan, kebangsaan dan bernegara.

Serta naluri dasar setiap individu untuk terwujudnya kedamaian, kemajuan, dan kesejahteraan bersama, dan dapat selalu bersanding seiring antara satu dengan yang lainnya.

Dan ini adalah kedamaian sejati di muka bumi ini

(Sebuah Catatan Untukku)
Ahmad Syauqi Ma’ruf Amin

Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.