in

Jangan Asal Pilih, Begini 4 Cara Memilih Tanaman Hias yang Tepat untuk Mempercantik Rumah

Kabarindong.com – Ada banyak cara untuk mempercantik rumah, salah satunya adalah memilih tanaman hias yang tentunya memiliki banyak manfaat. Bagi banyak orang, rasanya belum mantap jika belum melengkapi dekorasi rumah dengan menaruh tanaman hias di sudut tertentu.

Biar hasilnya lebih optimal, tentu ada cara memilih tanaman hias yang perlu Anda perhatikan. Dirangkum dari Boldsky, Senin (7/3/2022), berikut beberapa tipsnya.

Pahami utilitas ruang

Sebelum membeli tanaman apa pun, pertimbangkan soal di mana akan menempatkannya, seberapa besar ruang yang tersedia, aliran udara yang baik, hingga ketersediaan jumlah cahaya. Anda bisa meletakkan tanaman di dekat lorong, depan jendela, atau di atas rak untuk sirkulasi udara yang lebih baik.

Baca Juga:
Simpel dan Menawan, Intip 5 Desain Dapur Japandi Natural Untuk Hunian Mungil

Jika itu ruangan tertutup dengan aliran udara terbatas, Anda bisa memilih jenis tanaman hias seperti bamboo, snake plant, areca palm, atau monstera.

Ilustrasi tanaman hias aglonema berdaun merah (Pixabay/ignartonosbg)
Ilustrasi tanaman hias aglonema berdaun merah (Pixabay/ignartonosbg)

Mengatur suhu yang tepat

Suhu merupakan faktor penting dalam merawat tanaman hias. Tingkat kelembapan udara, dan kebutuhan paparan sinar matahari setiap tanaman bisa berbeda.

Tanaman tropis seperti bird of paradise, cut-leaf philodendron, atau bella palm membutuhkan kelembapan yang cukup. Disarankan untuk menjauhkan tanaman dari radiator atau AC karena menyebabkan tanah sering kering.

Tanaman hias yang ditempatkan di dekat jendela yang menghadap ke barat tumbuh lebih baik daripada tanaman yang ditaruh di dekat area yang menghadap ke timur. Itu karena akses cahaya yang lebih baik. Jika tanaman Anda membutuhkan sedikit cahaya alami, letakkan di dekat serambi atau jendela yang menghadap ke utara.

Baca Juga:
Bingung Pilih Semen Putih atau Abu-abu? Ini 10 Keunggulan Semen Putih Dibanding Jenis Lainnya

Tentukan ukuran tanaman yang cocok

Banyak tanaman yang perlu dirawat dan dipangkas setiap hari, sedangkan beberapa lainnya membutuhkan lebih sedikit perawatan. Nah, pilih tanaman yang mudah dirawat, tidak terlalu besar, dan membantu mempercantik ruangan.

Penting untuk memilih ukuran yang lebih kecil dengan mengingat pertumbuhan tanaman di masa depan. Proporsi furnitur dan dimensi ruangan juga perlu dipertimbangkan saat memutuskan penempatan tanaman.

Tanaman hias spider plant (shutterstock)

Tanaman hias seperti peace lily, jade plant, spider plant, dan aloe vera cenderung ringan dan mudah dipindahkan. Mereka sempurna untuk mendekorasi perabotan seperti rak, ambang jendela, dan permukaan meja.

Jangan malas merawat tanaman hias

Tanaman memerlukan perawatan dari waktu ke waktu. Anda tentu perlu menyiram, memberikan pupuk yang cukup, dan membuang daun yang mati secara berkala.

Pelajari bagaimana cara merawat tanaman hias agar bisa tumbuh dengan baik, bukannya mati karena terabaikan. Tanaman hias yang sehat tentu akan membuat rumah semakin indah.


What do you think?

Written by webadmin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

GIPHY App Key not set. Please check settings

12 Tips Diet Sehat untuk Calon Pengantin, Jangan Sampai Malah Tumbang di Hari Pernikahan

Prilly Latuconsina Ngamuk Persikota Dicurangi, Ibnu Jamil: Selamat Datang di Sepakbola Indonesia