in

Hadapi Gelombang Omicron, Kemenkes Targetkan Ada 156 Ribu Tempat Tidur di RS

DALAM sepekan terakhir, lonjakan kasus Covid-19 di Indonesia memang mencatatkan kenaikan drastis. Data Kementerian Kesehatan RI mencatat, angka kasus positif harian Covid-19 sudah menembus lebih dari 12 ribu.

Meski terkesan ngebut, tapi kenaikan angka kasus dalam satu minggu terakhir telah diantisipasi oleh Kementerian Kesehatan. Salah satunya dengan menyiapkan kapasitas tempat tidur perawatan bagi pasien Covid-19.

Berdasarkan keterangan dr. Siti Nadia Tarmizi, M.Epid, juru bicara vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan RI, saat ini secara nasional ketersediaan tempat tidur perawatan Covid-19 atau bed occupancy rate (BOR) ada lebih dari 78 ribu dan bisa dinaikkan dua kali lipat. Angka ini diharapkan bisa mengurangi kekhawatiran masyarakat.

“Secara nasional, total ketersediaan tempat tidur perawatan Covid-19 saat ini berjumlah 78.825, bisa tingkatkan sampai dengan kapasitas maksimal 156.847 tempat tidur,” ujar dr. Siti Nadia, dikutip dari siaran media resmi Kemenkes RI, Selasa (1/2/2022).

Sementara itu, untuk Provinsi DKI Jakarta yang tercatat sebagai daerah dengan kasus Omicron tertinggi. Dokter Nadia menyebutkan, tempat tidur di rumah sakit rujukan jika memang dibutuhkan bisa disiapkan sampai 21.000

“Dalam kondisi yang dibutuhkan, BOR di Jakarta dapat dikondisikan hingga mencapai 21.000. Jadi, tidak perlu terlalu khawatir, kapasitasnya masih cukup banyak,” paparnya.

Sebagai informasi, saat ini tingkat BOR di 196 rumah sakit rujukan ada di angka 6.496 dari sebanyak 13.777 kapasitas tempat tidur yang tersedia.

(mrt)

What do you think?

Written by Uli Hasanah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

GIPHY App Key not set. Please check settings

WHO: Puluhan ton limbah medis COVID mengancam kesehatan

Abaikan Fuji, Thariq Halilintar Kena Sentil Atta Halilintar: Jangan Gitu ke Cewek