in

Perusahaan Perancis Setop Jual Fishbowl, Sebut Akuarium Bundar Itu Bagian dari Penyiksaan Hewan

Kabarindong.com – Perusahaan Perancis memutuskan untuk berhenti menjual fishbowl atau akuarium mangkuk ikan berbentuk bundar karena diduga dapat membuat ikan menjadi gila dan cepat mati.

Adalah pemimpin pasar perawatan hewan peliharaan Perancis AgroBiothers Laboratoire, yang memutuskan tidak akan lagi menjual akuarium apa pun dengan kapasitas kurang dari 15 liter dan hanya menjual ikan berbentuk persegi panjang.

Kata mereka, menempatkan ikan dalam mangkuk kecil tanpa penyaringan dan oksigen adalah bentuk kekerasan terhadap hewan.

“Orang-orang membeli ikan mas untuk anak-anak mereka secara impulsif, tetapi jika mereka tahu betapa menyiksanya itu, mereka tidak akan melakukannya. Berputar-putar dalam fishbowl membuat ikan gila dan membunuh mereka dengan cepat,” kata CEO AgroBiothers Matthieu Lambeaux kepada Reuters, dikutip dari ANTARA, Minggu (23/1/2022).

Baca Juga:
Viral Warga Muaragembong ‘Nikmati’ Banjir, Panen Ikan di Jalanan

Ilustrasi Fishbowl (Elements Envato)
Ilustrasi Fishbowl (Elements Envato)

Menurut studi, ikan emas dapat hidup hingga 30 tahun dan tumbuh hingga sekitar 25 cm di akuarium besar atau kolam luar ruangan. Tetapi dalam mangkuk kecil, ikan lebih sering mati dalam beberapa pekan atau bulan.

Ia mengatakan, ikan mas adalah hewan sosial yang butuh ditemani ikan lain, ruang yang luas dan air bersih, serta orang yang punya akuarium membutuhkan peralatan dan keahlian standar.

Jerman dan beberapa negara Eropa lain telah lama melarang fishbowl, tapi Perancis tak punya undang-undang tentang aturan tersebut.

“Kami tidak dapat mendidik semua pelanggan kami untuk menjelaskan bahwa menyimpan ikan dalam mangkuk itu kejam. Kami menganggap itu adalah tanggung jawab kami untuk tidak lagi memberi konsumen pilihan itu,” kata Lambeaux.

AgroBiothers, yang memiliki pangsa pasar Perancis produk perawatan hewan peliharaan sekitar 27 persen, menjual sekitar 50.000 mangkuk ikan per tahun dengan harga sekitar 20 Euro per potong di tahun-tahun sebelumnya.

Baca Juga:
2.500 Benih Ikan Patin Disebar di Sungai Musi, Cegah Kepunahan

“Ada permintaan akan fishbowl, tetapi kenyataannya yang kami tawarkan kepada anak-anak adalah kemungkinan melihat ikan mas mati perlahan-lahan,” katanya.


What do you think?

Written by webadmin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Diundang ke Pernikahan Mantan, Selfie Lee Min Ho saat Hadir ke Kondangan Park Shin Hye Bikin Ngakak

Nagita Slavina Tenteng Tote Bag Dior Seharga Rp8,5 Juta, Fungsinya Jadi Tebak-tebakan Warganet