in

GIPI ungkap urgensi badan khusus untuk promosi pariwisata Indonesia

Jakarta (KABARINDONG) – Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) mengungkapkan badan khusus untuk promosi pariwisata di Indonesia sangat penting untuk dibentuk sehingga bisa menggaet lebih banyak minat wisatawan mancanegara dan menjadikan Indonesia pemimpin dalam industri pariwisata di kawasan ASEAN.

Ketua Umum GIPI Haryadi Sukamdani mengatakan hal yang membuat Indonesia belum maksimal menggaet wisatawan mancanegara ialah karena tidak adanya badan khusus atau tourism board seperti di negara-negara tetangga.

“Tourism board itu penting karena lebih mengeksekusi program promosi dan juga koordinasi dengan para stake holder di industri. Makanya tidak heran kan di negara-negara tetangga promosi pariwisatanya rapih,” kata Haryadi di Jakarta, Selasa (11/4) malam.

Kegiatan promosi yang dimaksud tidak hanya meliputi penciptaan citra pariwisata saja, tapi juga menyediakan seluruh informasi yang dibutuhkan oleh calon wisatawan.

Baca juga: Asuransi perjalanan diprediksi meningkat seiring tren wisata membaik

Sayangnya, Indonesia masih belum bisa mengakomodir hal tersebut dan bisa dibilang tertinggal dari negara anggota ASEAN lainnya.

Haryadi kemudian mencontohkan terkait daftar kegiatan acara selama satu tahun, untuk negara-negara anggota ASEAN lainnya yang memiliki Tourism Board seperti Malaysia, Singapura, hingga Thailand rata-rata semua memiliki kalender acara yang terbarukan.

“Tapi di Indonesia meski tulisannya kalender event 2023, isi kegiatannya masih kegiatan dari 2022,” katanya.

Haryadi kemudian mengusulkan agar Indonesia bisa memiliki badan khusus yang berfokus pada promosi pariwisata maka pemerintah bisa membentuk badan layanan umum.

“Sebagai usulan kita mungkin bisa membuatnya sebagai Badan Layanan Umum (BLU) nanti pendanaannya menggunakan pola dana abadi atau endowment fund seperti yang diterapkan juga di LPDP di bawah Kemenkeu,”kata Haryadi.

Adapun terkait dengan posisi pariwisata Indonesia di ASEAN, diketahui hingga 2019 Indonesia menempati posisi kelima untuk jumlah kunjungan wisatawan mancanegara.

Laporan kunjungan wisatawan mancanegara ke ASEAN yang dikumpulkan ASEANStat.org mengungkap bahwa pada 2019 Indonesia memiliki 16,1 juta kunjungan. Sedangkan untuk posisi teratas kunjungan wisatawan mancanegara di ASEAN dipegang oleh Thailand dengan jumlah kunjungan mencapai 39,9 juta.

Baca juga: PHRI siap mengakomodasi permintaan hotel pada libur Lebaran 2023

Baca juga: Apindo proyeksikan pertumbuhan ekonomi RI 4-5 persen tahun depan

Baca juga: PHRI: 10.131 hotel dan restoran implementasi aplikasi Peduli Lindungi

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © KABARINDONG 2023

What do you think?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Daftar destinasi wisata terjangkau, dari kota Khon Kaen hingga Bacolod

PHRI beri kiat pemesanan kamar hotel untuk libur Lebaran 2023