in

5 Cara Mengatasi iCloud Penuh secara Gratis dan Mudah

loading…

Apple hanya memberikan kapasitas 5GB gratis kepada para penggunanya. (Foto: Apple)

JAKARTA – Penyimpanan memori iCloud penuh sering kali dialami oleh para pengguna gawai Apple. Ada beberapa cara mengatasi iCloud penuh secara gratis dan mudah.

Apple memberikan kapasitas 5GB gratis kepada para penggunanya. Kapasitas sebesar itu ternyata masih saja tidak dapat menampung banyak file, gambar dan cadangan perangkat.

Cara termudah untuk mengatasi hal tersebut dengan berlangganan iCloud agar mendapatkan ruang penyimpanan yang lebih besar. Namun, terkadang tidak ada notifikasi bahwa kapasitas iCloud sudah penuh. Hal ini bukan cara yang ideal untuk mengatasi iCloud penuh.

Berikut 5 cara mengatasi iCloud penuh secara gratis dan mudah

1. Bersihkan iCloud Drive

iCloud Drive adalah tempat Apple menyimpan seluruh salinan jenis file yang ada pada perangkat. Pengguna Mac akan lebih mudah menggunakan cara ini. Pertama, buka folder iCloud Drive pada Finder, kemudian urutkan file tersebut berdasarkan ukuran, jenis, atau tanggal pembuatan. Kemudian, hapus file yang tidak dibutuhkan dan ruang penyimpanan akan bertambah.

2. Kelola Folder Foto

Perangkat Apple memiliki resolusi kamera yang sangat tinggi. Hal ini dapat menyebabkan ruang penyimpanan iCloud penuh karena banyaknya foto dan video yang tersimpan di perangkat.

Jika sudah menghapus foto yang tidak diinginkan, lanjutkan dengan meng-klik menu album pada aplikasi. Kemudian gulir ke bawah dan klik pada folder yang baru saja dihapus.

3. Hapus Lampiran Email

Buka iCloud Mail dan pilih lihat, lalu urutkan berdasarkan lampiran. Setelah itu, klik hapus email. Jika tidak ingin menghapus banyak email, pengguna bisa memilih batas tertentu, misalnya 15 MB kemudian hapus semua email dengan lampiran yang lebih besar dari ukuran 15 MB.

4. Hapus Pesan Lama

Aplikasi pada iPhone bisa membuat iCloud penuh jika sering menggunakan aplikasi tersebut dan mengirim banyak foto serta video. Mengatasinya dengan cara menghapus pesan satu per satu atau secara keseluruhan.

Pengguna juga bisa memilih untuk menghapus lampiran yang cenderung menggunakan penyimpanan yang tidak memadai, atau menghapus semua foto atau video yang dikirimkan pada nomor kontak yang dipilih.

5. Ketahui Jenis File yang Menghabiskan Ruang Penyimpanan

Periksa aplikasi apa saja yang dicadangkan ke akun iCloud sehingga tidak perlu menyimpan data dari setiap aplikasi di perangkat. Untuk mematikan pencadangan aplikasi, hanya perlu klik bar status untuk mengubahnya dari hijau menjadi abu-abu. Demikian beberapa cara mengatasi iCloud penuh secara gratis dan mudah.

(msf)

What do you think?

Written by Oskar Siregar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Peserta Rip Curl Cup bersiap ikuti kompetisi Padang Padang tahun depan

Cara Mengaktifkan Dark Mode Threads di iOS dan Android, Tampilan Lebih Kece