in

Ilmuwan Vonis Tali Jam Apple dan Fitbit Jadi Sarang Bakteri Berbahaya

loading…

Tali Jam Apple dan Fitbit Jadi Sarang Bakteri Berbahaya. FOTO/ CNET

MENLO PARK Ilmuwan menemukan bahwa tali jam tangan pintar Apple Watch atau gelang Fitbit berpotensi menjadi tempat berkembang biaknya bakteri berbahaya yang terkait dengan demam, diare, dan sistem kekebalan yang melemah.

Pengujian terhadap berbagai jenis jam tangan dan gelang yang sering digunakan menemukan bahwa aksesoris tersebut mengandung bakteri E. coli dan Staphylococcus spp yang dapat menyebabkan pneumonia.

Profesor Ilmu Biologi di Florida Atlantic University yang juga penulis utama studi tersebut, Nwadiuto Esiobu mengatakan, jenis tali yang paling terkontaminasi kuman adalah yang terbuat dari plastik, karet, kain, kulit, dan logam.

Namun, tim ilmuwan menemukan bahwa tali jam tangan atau gelang yang terbuat dari emas dan perak adalah yang paling bersih.

Esiobu mengatakan pengunjung gym menunjukkan jumlah akumulasi bakteri tertinggi yang dapat menyebabkan sepsis atau kematian, sehingga menekankan pentingnya membersihkan aksesori setelah berolahraga.

“Keberadaan bakteri Pseudomonas terdeteksi pada 30 persen gelang pintar dan jam tangan,”

“Bakteri usus E. coli yang biasanya menyebar melalui feses atau mulut juga ditemukan pada 60 persen sampel,”

“Situasi ini menimbulkan masalah kesehatan masyarakat. Kuantitas dan taksonomi bakteri yang kami temukan menunjukkan perlunya membersihkan permukaan alat ini secara rutin,” jelasnya kepada Daily Mail.

Esiobu juga menekankan bahwa petugas kesehatan yang aktif dan sering pergi ke gym perlu memperhatikan temuan penelitian untuk menghindari kuman yang menempel di jam tangan atau gelang pintar mereka berisiko menulari pasien.

(wbs)

What do you think?

Written by Oskar Siregar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Survei: Ada perbedaan cara mencari referensi liburan antargenerasi

Daftar Kode Redeem FF Free Fire Max Minggu 19 Agustus 2023, Mabar Akhir Pekan!