Ultimate magazine theme for WordPress.

Memahami fungsi dan cara kerja router agar internet makin lancar

0

- Advertisement -

Jakarta (KABARINDONG) – Berselancar di dunia maya kini telah menjadi kegiatan rutin yang selalu dilakukan masyarakat modern di setiap harinya sehingga harus didukung oleh koneksi Internet WiFi, namun ada sejumlah kondisi yang membuat koneksi internet terganggu.

Baca juga: Delapan cara tingkatkan kecepatan internet saat WFH

Mengalami gangguan pada koneksi Internet WiFi dapat terjadi dalam beberapa aspek seperti gangguan pada jaringan dari provider ataupun karena perangkat router yang bermasalah.

Bagi para pengguna Internet di rumah pasti sudah sering mendengar kata “router” tapi apakah kalian sudah tau apa itu router dan bagaimana cara kerjanya? Berikut ini adalah penjelasan bagaimana fungsi dan cara kerja dari router, seperti tertulis dalam siaran pers Biznet Home, pada Rabu.

Menghubungkan jaringan

Perangkat router adalah menghubungkan perangkat elektronik dengan jaringan internet. Anda bisa menghubungkan beberapa jenis perangkat sekaligus ke router. Dengan begitu,Anda bisa menikmati akses internet dari perangkat yang dimiliki.

Mentransmisikan informasi

Fungsi router yang kedua adalah untuk mentransmisikan informasi. Transmisi informasi atau data dari suatu jaringan menuju jaringan yang lain dimana sistem kerjanya mirip seperti jembatan jaringan.

Komunikasi data tersebut dapat Anda lakukan pada setiap perangkat yang terhubung dalam satu jaringan. Kemampuan router dalam melakukan transmisi data berdampak secara langsung pada kecepatan akses internet yang Anda dapatkan.

Sederhananya, cara kerja router adalah menghubungkan perangkat-perangkat yang berada di dalam jaringan dengan meneruskan paket data di antara mereka. Data ini dapat dikirim dari perangkat satu ke perangkat lain, atau dari perangkat ke internet.

Router dapat melakukan hal tersebut dengan menetapkan alamat IP lokal untuk masing-masing perangkat yang berada di dalam jaringan. Ini berfungsi untuk memastikan bahwa paket data berakhir di tempat yang tepat, dan tidak tersesat di dalam jaringan lain.

Setelah mengetahui betapa penting fungsi dan cara kerja dari router ini, maka Anda jadi lebih tau bagaimana cara kerja router yang jaringan Internet terkoneksi dengan laptop, smartphone, smart tv dan membentuk informasi atau data. Maka, router akan merapikan keluar dan penerimaan jaringan oleh perangkat yang menjadi cepat dan efisien.

Baca juga: Google luncurkan router Wi-Fi untuk di rumah

Baca juga: Xiaomi luncurkan proyektor, router, dan Mi Smart Band 6 NFC

Baca juga: MediaTek perluas platform 5G dengan chipset untuk router

Pewarta: Maria Rosari Dwi Putri
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © KABARINDONG 2022

- Advertisement -

Leave A Reply

Your email address will not be published.