Ultimate magazine theme for WordPress.

Pahami lima hal penting sebelum beli gawai

0

- Advertisement -

Jakarta (KABARINDONG) – Saat ini pengguna gawai (gadget) sudah mulai menaruh perhatian khusus terhadap fungsi dan kegunaan, serta kecanggihan fitur dan kapasitas yang dimiliki gawai untuk menunjang berbagai aktivitas mereka.

Dengan kehadiran gawai, berbagai aktivitas seperti berkomunikasi, berbagi dan mencari informasi, mengirim berkas, melakukan transaksi, hingga bermain game dapat dilakukan dalam satu genggaman saja.

“Kehadiran gadget dan elektronik yang memadai akan memudahkan kita dalam menunjang produktivitas, bekerja, belajar, bermain, hingga kebutuhan rumah tangga,” kata Head of Electronics & FMCG Shopee Indonesia Putri Lukman melalui siaran pers yang diterima Antara di Jakarta pada Senin.

Baca juga: Dampak sinar biru gadget untuk kesehatan kulit

Baca juga: Tips menghindari anak dari hoax

Sebelum membeli gawai dan peralatan elektronik lainnya, Shopee membagikan lima langkah penting untuk menjadi pembeli pintar agar dapat memilih gawai yang tepat. Berikut kiatnya.

Pilih ponsel yang sesuai dengan kebutuhan sehari-hari

Pahami kebutuhan dan rutinitas diri sendiri sebelum memutuskan untuk membeli ponsel baru. Dengan begitu, misalnya, Anda dapat mencari ponsel yang memiliki RAM sesuai dengan apa yang dibutuhkan.

Pilihlah layar ponsel dengan ukuran, jenis layar, bentuk, dan kamera sesuai kebutuhan. Penting juga untuk memilih desain dan material ponsel yang dapat bertahan lama.

Pembeli tak perlu khawatir dengan spesifikasi tinggi yang biasanya dipatok dengan harga mahal, sebab saat ini sudah banyak merek yang menawarkan produk ponsel berkualitas dengan harga terjangkau.

Pilih laptop dengan spesifikasi yang diinginkan

Kategori kebutuhan laptop terbagi menjadi tiga, salah satunya yaitu laptop untuk kebutuhan kerja dan belajar, dilengkapi dengan fitur audio visual yang jernih, hingga browser yang cepat.

Sementara dua kategori lainnya yaitu laptop untuk kebutuhan desain grafis dengan kapasitas yang cukup besar serta laptop untuk gaming yang memakan memori paling besar.

Pilihlah laptop sesuai dengan kategori yang dibutuhkan. Selanjutnya, pastikan ukuran laptop, garansi dan servis, hingga jenis proccessor yang memadai untuk mengimbangi rutinitas sehari-hari.

Tablet dapat dijadikan sebagai alternatif gawai yang menunjang produktivitas

Saat ini, banyak orang yang memilih tablet sebagai alternatif untuk bekerja. Agar semakin mudah dan nyaman menggunakan tablet, pastikan tablet yang digunakan memiliki ukuran dan resolusi yang sesuai dengan karakteristik aktivitas pengguna. Pastikan pula tablet yang akan digunakan dilengkapi dengan kapasitas memori yang cukup.

Anda dapat meningkatkan produktivitas dengan menggunakan tablet yang memiliki fitur-fitur canggih terbaru. Terakhir, pilih desain yang sesuai dengan selera agar selaras dengan gaya pribadi.

Pakai smartwatch untuk memudahkan komunikasi dan manajemen waktu

Tren smartwatch semakin berkembang di kalangan masyarakat urban, dilengkapi fitur reminder sehingga pengguna dapat lebih teratur dalam mengelola waktu.

Pengguna smartwatch juga dimudahkan dalam menerima notifikasi, pesan, panggilan telepon yang masuk, hingga mendengarkan musik. Ada pula smartwatch yang dilengkapi fitur pendeteksi detak jantung dan kadar nutrisi tubuh sehingga pengguna dapat memantau kondisi kesehatan.

Pastikan orisinalitas produk dan jaga kesehatan gawai agar tahan lama

Membeli barang-barang elektronik, apalagi secara daring, memang perlu teliti agar meminimalisir berbagai risiko kerugian. Yang terpenting ialah pastikan produk memiliki garansi untuk memberikan perlindungan yang lebih menyeluruh untuk jangka waktu lebih panjang.

Setelah memiliki gawai yang dibutuhkan, jangan lupa untuk menjaga kesehatan gawai dengan perangkat aksesoris, termasuk siapkan pula kelengkapan pengisi daya fast charging, powerbank, hingga kipas pendingin agar tak perlu khawatir ketika beraktivitas dalam waktu lama.

Baca juga: Waktu yang tepat kenalkan gawai kepada si kecil

Baca juga: Tips keuangan pekerja muda, boleh beli gadget pendorong produktivitas

Baca juga: Belajar daring bukan alasan abaikan batasan “screen time” untuk anak

Pewarta: Rizka Khaerunnisa
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © KABARINDONG 2022

- Advertisement -

Leave A Reply

Your email address will not be published.