in

Sejumlah Perangkat Samsung Tak Lagi Dapat Pembaruan Software, Ini Alasannya

loading…

Setidaknya ada 12 perangkat Samsung yang tak lagi dapat pembaruan software. Foto/Gizchina

JAKARTA – Sudah lazim pabrikan smartphone akan menghentikan pembaruan untuk perangkat yang telah usang. Saat ini giliran Samsung melakukan kebijakan tersebut pada sejumlah perangkat.

Dalam kebijakan sebelumnya, perusahaan menawarkan pembaruan perangkat lunak hingga lima tahun, dengan perangkat unggulan menerima maksimal tiga pembaruan. Namun, pada tahun 2022, Samsung mengubah kebijakan tersebut.

Setidaknya ada 12 perangkat Samsung yang tak lagi dapat pembaruan software. Berikut daftarnya, seperti dilansir dari berbagai sumber pada Jumat (18/8/2023).

Galaxy S10, S10+, dan S10e
Galay X Sampul 4S
Galaxy A80
Galaxy A40
Galaxy A10
Galaxy A30
Galaxy A50
Galaxy Tab A10.1 (2019)
Galaxy Tab S5e
Galaksi Tab S6

Itulah beberapa perangkat Samsung yang tak lagi mendapat pembaruan software. Namun, bagi yang perangkatnya masuk di daftar, Samsung terkadang merilis update tambahan berupa patch keamanan.

Misalnya, perangkat seri Galaxy S10 telah melewati tahun keempat, dan sesuai kebijakan perusahaan sebelumnya, mereka tidak akan lagi menerima pembaruan baru setelah pembaruan keamanan Maret 2023.

Namun, ada penemuan pembaruan baru yang tidak terduga pada operator AS tertentu, seperti Verizon, T-Mobile, MetroPCS, dan US Cellular. Selain itu, bahkan setelah dukungan perangkat lunak resmi selesai, Samsung mengejutkan pengguna dengan merilis pembaruan baru untuk Galaxy S10, S10+, dan S10e.

Perangkat ini telah melewati tahun keempat, yang berarti bahwa menurut kebijakan awal, mereka tidak dijadwalkan untuk menerima pembaruan apa pun setelah pembaruan keamanan Maret 2023. Adapun daftar perangkat yang masih akan menerima pembaruan software dalam empat hingga lima tahun mendatang adalah:

Galaxy S Series: Galaxy S22, S22+, dan S22 Ultra, serta Galaxy S21, S21+, S21 Ultra, S21 FE, dan perangkat seri S mendatang
Seri Galaxy Z: Galaxy Z Fold3, Galaxy Z Flip3, dan perangkat seri Z yang akan datang.

Galaxy A Series: perangkat seri A tertentu yang akan datang. Tablet Galaxy: Galaxy Tab S8, S8+, S8 Ultra, dan perangkat seri Tab S yang akan datang.

(wib)

What do you think?

Written by Oskar Siregar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Cara Screenshot Samsung M31 dengan dan Tanpa Tombol Power

Cara Mendapatkan Uang dari Elon Musk Lewat X