in

YandexART, Aplikasi AI Gratis untuk Hasilkan Gambar dan Animasi

loading…

YandexART jadi alternatif untuk bereksperimen dengan gambar dan animasi yang dihasilkan AI. Foto: YandexArt

JAKARTA – Banyak pengguna internet di Indonesia yang sudah akrab dengan Yandex. Tapi, tidak banyak yang tahu bahwa peramban web asal Rusia itu juga punya produk AI bernama YandexArt.

Yandex memang punya produk baru. Namanya Yandex Jaringan Neural AI Rendering Technology yang disingkat YandexART. Tidak mau kalah dengan ChatGPT dan OpenAI, YandexART adalah AI yang menggunakan perintah teks untuk menghasilkan gambar dan animasi.

Jaringan ini terintegrasi dalam aplikasi Shedevrum, dan akan segera tersedia di berbagai layanan Yandex lainnya. YandexART adalah salah satu dari banyak proyek yang didukung oleh Jaringan Neural yang telah dirilis Yandex pada 2022.

YandexART mampu menghasilkan gambar dan animasi menggunakan difusi kaskade. Pertama, Jaringan Neural akan menghasilkan gambar dan bingkai berdasarkan perintah teks pengguna.

Kemudian secara bertahap meningkatkan resolusi gambar dan menambahkan detail. Dibandingkan dengan model difusi Shedevrum generasi sebelumnya, grafik YandexART lebih realistis dan detail.

Berdasarkan hasil evaluasi internal yang dilakukan penilai, model tersebut memberikan hasil yang lebih baik pada 60% kasus. Untuk peningkatkan kualitas, Yandex meningkatkan kumpulan data pelatihan sebanyak 1,5 kali lipat hingga mencapai 330 juta gambar dan deskripsi teks.

YandexART juga memiliki tiga mode pemfilteran untuk menampilkan gambar yang paling estetis, dan algoritma pengenalan teks baru yang membantu Jaringan Neural lebih memahami apa yang diinginkan pengguna.

Jaringan Neural terbaru ini berfungsi lebih baik dalam merender wajah, mata, dan tangan, sehingga memungkinkannya membuat potret yang sangat realistis.

Ia juga memiliki pemahaman lebih tentang budaya tertentu. YandexART mengetahui tempat dan kota terkenal, tokoh sejarah penting, serta karakter kartun dan dongeng yang dicintai di seluruh dunia.

“Kami berharap dapat membantu para pelajar dan profesional yang berfokus pada industri kreatif,” beber Alexander Popovskiy, VP Strategy di Yandex.

What do you think?

Written by Oskar Siregar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Begini Cara Axioo Siapkan Tenaga Kerja di Bidang TI

Dengan Aplikasi Canggih, Menpar Akui Memudahkan Mencari Kerja Sampingan