Ultimate magazine theme for WordPress.

Budaya Kerja Orang Korea Selatan

0

- Advertisement -

Jika Anda melihat tentang Korea, negara ini sudah maju dari segi industri hiburan dan industri teknologinya. Padahal Negara ini dulunya pernah berada pada posisi ketidakstabilan ekonomi. Namun, hal itu berubah karena budaya kerja orang Korea Selatan sudah berbeda. Berikut budaya kerjanya. 

Tingkat Disiplin Tinggi

Budaya kerja satu ini memang sudah melekat dengan orang Korea. Tidak hanya disiplin dalam datang ke kantor, umumnya orang korea juga disiplin dalam hal lainnya. Karena prinsip yang dianut adalah tidak ingin membuang waktu secara sia-sia meskipun hanya beberapa menit saja.

Jadi, jika Anda sedang di Korea, maka tidak akan menemui pekerja yang telat datang. Jika ada yang terlambat pun pasti dikarenakan alasan yang benar-benar darurat.

Bekerja Secara Cepat

Ritme bekerja orang Korea memang tergolong cepat, jika dibandingkan dengan negara lainnya. Hal ini karena sejak dari kecil, cara mendidiknya sudah diajarkan secara demikian. Namun, meskipun kerjanya cepat hasil pekerjaannya tetap terselesaikan dengan baik.

Tentunya untuk bisa bekerja cepat dengan hasil baik ini, pekerja di Korea terbantu dengan list deadline yang dibuat. Dengan list tersebut membuat tidak ada waktu terbuang karena semuanya sudah teratur dan terjadwal. Tidak heran jika seringkali pekerjaannya bisa selesai sebelum waktunya berakhir.

Jujur

Budaya jujur tidak hanya ada di Negara Korea saja sebenarnya, karena bagaimanapun perilaku ini harus diterapkan di seluruh Negara. Tidak hanya jujur dalam hal pekerjaan, tetapi dalam hal lain pun juga diperlukan menjunjung kejujuran.

Negara Korea ini adalah salah satunya yang memiliki tingkat kejujuran tinggi. Jika dilihat dari segi pekerjaan orang Korea tidak ada yang korupsi jam kerja. Apabila Anda melihatnya berdasarkan aktivitas sehari-hari, bisa diliihat saat menemukan barang terjatuh maka akan dilaporkan kepada pihak berwajib.

Berperilaku Sopan

Selain beberapa hal di atas, budaya kerja orang Korea Selatan juga terkenal memiliki perilaku sopan. Berperilaku sopan santun tidak hanya ditunjukan ketika sedang bekerja bersama atasan saja, melainkan ketika pekerja sedang bertemu di acara diluar jam kerja juga tetap santun terhadap atasannya.

Padahal, ketika bekerja di Korea, apabila terjadi kesalahan maka atasan bisa saja memaharahi pekerjanya dengan nada tinggi. Namun, hal tersebut tidak mengurangi rasa sopan dan santun dari pekerja Korea terhadap pimpinannya.

Fokus

Berikutnya, budaya kerja di Korea yang perlu Anda ketahui adalah bekerja dengan fokus. Meskipun terkenal dengan ritme kerja cepat, tetapi orang korea tetap memiliki fokus yang tinggi. Jadi, selama jam bekerja orang Korea hanya melakukan aktivitas yang berhubungan dengan jobdesk nya saja.

Kegiatan mengobrol dengan karyawan lainnya pun tidak akan ditemukan, selain membahas prihal pekerjan bersama. Aktivitas bermain media sosial pada saat jam kerja pun tidak akan ditemukan di Korea. 

Bekerja Secara Professional 

Berikutnya, orang di Korea bisa bekerja secara professional. Artinya adalah pekerja disana bisa membedakan mana urusan pribadi dan bukan. Jadi meskipun di tempat kerja mendapatkan krtikan dan perkataan menyinggung, pekerja disana tetap bekerja seperti normalnya secara professional. 

Multitasking

Terkenal dengan disiplin waktu dan memilik fokus tinggi, budaya kerja orang Korea Selatan juga dikenal multitasking. Mungkin di beberapa Negara lebih suka menerima pekera yang hanya fokus pada satu keahlian saja. Namun, hal tersebut berbeda dengan budaya kerja di Korea.

Orang dengan banyak keahlian di Negara ini lebih disukai karena bisa mengerjakan beberapa jobdesk lainnya. Meskipun demikian semua pekerjaanya tetap harus terselesaikan secara cepat dan tepat. Hal ini bisa terjadi di Korea, karena manajemen sistem yang dimiliki Negara ini bagus. 

 

- Advertisement -

Leave A Reply

Your email address will not be published.