Ultimate magazine theme for WordPress.

Fadli Zon: Sangat pantas keris jadi warisan agung budaya dunia

0

- Advertisement -

Pengurus yang akan datang mewakili unsur daerah, ahli serta memiliki latar belakang keahlian

Jakarta (KABARINDONG) – Ketua Umum Sekretaris Nasional Perkerisan Indonesia (SNKI) terpilih 2022-2027 Fadli Zon menyatakan keris yang merupakan salah satu senjata tradisional Indonesia sangat pantas menjadi warisan agung budaya dunia.

Saat menyampaikan pidato dalam Kongres III SNKI di Bogor, Jawa Barat, Jumat, dia mengatakan ke depan SNKI ingin bertransformasi agar keris bisa semakin banyak diterima masyarakat Indonesia.

“Untuk itu kita akan menggiatkan kembali pameran, bursa keris, penerbitan buku, serta melakukan edukasi baik di dalam dan luar negeri,” ujarnya dalam kongres secara daring yang dipantau dari Jakarta.

Baca juga: Gibran beri keris ke Bima Arya pada Karnaval Budaya Kongres JKPI

Fadli Zon yang juga Wakil Ketua DPR itu secara aklamasi terpilih kembali sebagai Ketua Umum SNKI 2022-2027 setelah sebelumnya memegang jabatan yang sama untuk periode 2017-2022.

Menurut dia, formatur kepengurusan SNKI ke depan akan memasukkan para ahli perwakilan dari berbagai daerah di Indonesia karena dalam dunia perkerisan setiap daerah memiliki keunikan masing-masing.

“Pengurus yang akan datang mewakili unsur daerah, ahli serta memiliki latar belakang keahlian (perkerisan),” ujarnya.

Selain itu, lanjutnya, ke depan pihaknya ingin lebih banyak menarik generasi muda serta kalangan perempuan dalam pengurusan SNKI karena selama ini terkesan dunia perkerisan didominasi oleh kaum pria.

“Mengurus perkerisan, bagi saya merupakan kegiatan relaksasi, sebuah pembelajaran, sebuah edukasi karena bisa mendapat banyak ilmu. Saya terima amanah untuk 2022-2027, mudah-mudahan 2027 ada pengurus baru dari generasi muda. Saat ini saya yang terakhir sudah cukup,” ujarnya.

Dia menambahkan program yang dilakukan SNKI merupakan bagian untuk menggerakkan ekonomi kreatif Indonesia, dan ke depan akan bersinergi serta memperluas SNKI di seluruh Indonesia sehingga semakin banyak yang menghargai keris Indonesia.

Baca juga: Pemkot Surakarta lestarikan budaya melalui pergelaran pameran keris

Baca juga: Sandiaga Uno dan Fadli Zon gaungkan keris sebagai ekonomi kreatif

Baca juga: “Pamor Keris” digiatkan di Madura-Jatim cegah penularan Omicron

Pewarta: Subagyo
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © KABARINDONG 2022

- Advertisement -

Leave A Reply

Your email address will not be published.