Ultimate magazine theme for WordPress.

Ini Dia Fakta Menarik Pernikahan di Korea

0

Sering dimasukkan dalam adegan drama, pernikahan ala Korea ternyata menjadi idaman bagi sebagian orang. Namun, perlu Anda ketahui, pernikahan di Korea ternyata menyimpan beberapa fakta unik dan menarik. Berikut fakta menarik pernikahan di Korea.

Bertemu dengan Calon Mertua Menandakan Seriusnya Sebuah Hubungan

bertemu-calon-mertua-di-koreasumber gambar : happyfresh.my

Di Korea, mengenalkan seseorang yang dicintainya kepada keluarga menandakan seriusnya sebuah hubungan. Selain itu, membawa calon pasangan datang ke rumah juga bertujuan untuk meminta restu dari kedua orang tua.

Lamaran Menjadi Sebuah Kejutan

wedding-proposal-lamaran-di-koreasumber gambar : pinterest.com

Sama seperti di negara lain, Korea juga mengadakan lamaran terlebih dulu sebelum acara pernikahan digelar. Akan tetapi, lamaran di Korea biasanya merupakan sebuah kejutan.

Lamaran tersebut bahkan identik dengan seorang pria yang berlutut kepada seorang wanita. Sembari berlutut, pria tersebut juga mengucapkan kalimat yang meminta wanitanya untuk hidup bersama sembari memberikan sebuah cincin.

Jarak Antara Lamaran dan Acara Pernikahan Tidak Terlalu Lama

Setelah lamaran atau pertunangan dilaksanakan, proses menuju hari bahagia pun tidak terlalu lama. Umumnya, rentang waktu antara lamaran dan acara pernikahan hanya sekitar  6 bulan saja. Namun, ada pula yang hanya 3 bulan setelah lamaran, acara pernikahan sudah siap dilaksanakan.

Persiapan Pernikahan Lebih Mudah

persiapan-pernikahan-di-koreasumber gambar : pinterest.com

Mungkin sebagian dari Anda ada yang bertanya-tanya, bagaimana bisa dalam waktu 3 bulan, pernikahan di Korea sudah siap dilaksanakan? Berbeda dengan di Indonesia, di Korea tersedia beberapa gedung yang sengaja disiapkan untuk acara pernikahan.

Untuk mempermudah siapapun yang akan menikah, pengelola gedung biasanya juga menyediakan paket pernikahan. Paket tersebut sudah termasuk dekorasi, cattering hingga musik yang digunakan sebagai pengiring acara. Jadi, tidak heran bukan jika dalam waktu singkat pernikahan sudah siap?

Ada Dua Versi Pakaian

dua-versi-wedding-dress-in koreasumber gambar : hidustantimes.com

Fakta menarik pernikahan di Korea berikutnya yaitu memakai dua versi pakaian. Bagi pasangan muda Korea, umumnya mereka ingin pakaian pernikahan yang terlihat lebih mewah. Akan tetapi, bagi keluarga yang masih kental dengan ritual adat, maka harus menggunakan hanbok terlebih dulu.

Hal ini bertujuan untuk menghormati para leluhur. Setelah memakai hanbok, pengantin bisa berganti menggunakan gaun berwarna putih klasik dan setelan hitam.

Dua Keluarga Pengantin Saling Memberi Hadiah

Dalam pernikahan di Korea, orang tua pengantin pria akan menyediakan sebuah rumah. Sedangkan furniturnya disediakan oleh orang tua pengantin wanita. Akan tetapi, generasi sekarang ini ternyata sudah jarang yang menggunakan tradisi tersebut.

Umumnya, pertukaran hadiah antar dua keluarga pengantin sudah beralih menggunakan barang-barang yang lebih sederhana. Barang-barang yang biasa digunakan sebagai hadiah dalam pernikahan di Korea yaitu kosmetik, tas, sepatu dan lain sebagainya.

Calon Pengantin Ikut Menyambut Tamu

ruangan-pengantin-di-korea-menyambut tamusumber gambar : marrymekpop.com

Sebelum acara di mulai, calon pengantin pria dan para orang tua akan berada di pintu masuk untuk menyambut tamu yang hadir. Sedangkan calon pengantin wanita biasanya akan bersiap di bridal room. Sembari duduk menunggu dimulainya acara, calon pengantin juga melakukan foto bersama.

Acara Pernikahan Digelar Lebih Singkat

acara-pernikahan-di-korea-lebih-singkatsumber gambar : koreandramaland.com

Di Indonesia, acara pernikahan biasanya diselenggarakan dalam waktu yang lama. Hal tersebut karena beberapa pernikahan menggunakan resepsi. Nah, hal ini ternyata sangat berbeda dengan di Korea. Pernikahan di Korea umumnya dilaksanakan tanpa adanya resepsi.

Oleh sebab itu, acara pernikahan berlangsung dalam waktu yang lebih singkat. Rincian acaranya pun juga tidak panjang, hanya pidato kedua mempelai, ciuman, kemudian penampilan musik. Acara tersebut kira-kira hanya perlu waktu 30 menit dan dilanjutkan acara ramah tamah.

Bagi Anda yang pernah nonton Drama Korea, pasti sudah tau bagaimana gambaran acara pernikahannya bukan? Setelah membaca fakta menarik pernikahan di Korea di atas, gaya pernikahan mana yang ingin Anda gunakan nantinya, masih gaya Indonesia atau Korea?

 

- Advertisement -

Leave A Reply

Your email address will not be published.