Resep Korean Barbeque dari Bahan Dasar hingga Sausnya

Barbeque merupakan menu utama dalam setiap hidangan Korea. Korean barbeque biasanya menggunakan daging sapi yang telah di rendam dengan bumbu kemudian di panggang di atas hot place. Jika Anda tertarik untuk membuatnya di rumah, berikut ini resep korean Barbeque.

Resep Barbeque Korea

Barbeque umumnya memang menggunakan daging sapi. Akan tetapi, barbeque Korea juga menggunakan daging babi dan ayam. Uniknya, daging yang digunakan untuk barbeque ini biasanya diiris tipis-tipis. Berikut resep barbeque Korea yang bisa Anda praktekkan sendiri di rumah.

Resep Barbeque Daging Sapi

Barbeque pertama yang bisa Anda buat yaitu dari daging atau iga sapi. Sebelum masuk ke tahap memasak, silahkan Anda siapkan terlebih dulu bahan-bahan yang digunakan. Bahan-bahan tersebut di antaranya kurang lebih 1 kg iga atau daging sapi yang telah di potong tipis-tipis.

Siapkan pula 240 ml kecap asin, 1 buah bawang bombai yang sudah diparut, 3 siung bawang putih, 165 gram gula aren, 2 sendok makan minyak wijen dan 60 ml mirin. Nah, langkah pertama untuk membuat barbeque ini yaitu rendam iga atau daging sapi dengan semua bumbu selama 24 jam.

Jika sudah di rendam selama 24 jam, tiriskan daging dan panaskan panggangan menggunakan api sedang. Masak iga atau daging sapi sampai matang kemudian sajikan di atas piring bersama dengan saus pelengkap.

Resep Barbeque Samyeopsal

Barbeque samyeopsal memiliki resep yang lebih simpel. Samyeopsal atau daging perut babi umumnya sudah mengandung lemak tinggi. Untuk itu, Anda tidak perlu menyiapkan bumbu apapun lagi karena rasanya sudah gurih.

Resep Korean barbeque samyeopsal hanya cukup menggunakan bawang putih, kimchi, cabai hijau dan jamur yang di panggang bebarengan dengan daging babi. Setelah samyeopsal matang, sajikan dengan salad daun bawang dan selada.

Resep Barbeque Ayam

Barbeque ayam juga tak kalah lezatnya dibanding daging sapi atau babi. Untuk membuatnya, silahkan Anda siapkan 2 kg paha ayam yang sudah dibuang kulitnya, 120 ml minyak wijen, 3 sendok makan sirup jagung, jahe, garam, lada, 4 siung bawang merah, 4 siung bawang putih dan mirin.

Supaya ayam terasa lebih lezat, jangan lupa menambahkan cabai bubuk ke dalam babeque tersebut. Selanjutnya, haluskan semua bumbu dan lumurkan pada ayam yang sudah difilet. Diamkan selama kurang lebih 2 jam. Setelah itu, panaskan panggangan dan panggang ayam di atas api sedang.

Resep Saus Ssamjang

Barbeque Korea umumnya tidak disajikan sendirian, melainkan bersamaan dengan saus ssamjang. Saus ssamjang sangat wajib ada karena dapat membuat barbeque menjadi lebih lezat. Cara membuat saus ini juga sangat mudah dan bahannya pun cukup simpel.

Sebelum membuat saus, sebaiknya siapkan terlebih dulu bahan-bahan yang diperlukan. Bahan-bahan tersebut diantaranya, 3 sendok makan doenjang, 1 sendok makan gochujang, 1 siung bawang putih yang sudah diiris, 1 sendok makan cabai bubuk, irisan daun bawang dan 2 sendok makan mirin.

Nah, setelah semua bahan siap, silahkan campur dan aduk bahan-bahan tersebut dalam mangkuk besar. Setelah tercampur rata, saus sudah siap untuk dinikmati. Silahkan Anda sajikan saus ssamjang ini di samping barbeque yang tadi telah dibuat.

Barbeque memang menu yang paling pas disajikan saat ada acara bersama keluarga atau teman. Rasa dari barbeque Korea pun memiliki kekhasan tersendiri. Untuk itu, banyak sekali yang mencari-cari resep korean Barbeque agar bisa membuatnya sendiri di rumah.


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *