Ultimate magazine theme for WordPress.

Seperti Inilah Sejarah Perjalanan SNSD

0

Perjalanan karir dari Girls Generation atau SNSD yang telah eksis belasan tahun di industri KPop memang menarik untuk disimak. Setelah selama 5 tahun hiatus, mereka melakukan comeback pada Agustus 2022 ini. Berikut sejarah perjalanan SNSD sejak debut hingga sekarang.

2007: Debut Pertama

sejarah-perjalanan-SNSD-girls-generation-debut-2007sumber gambar : koreaherald.com

Sonyeo Shidae (SNSD) atau Girls Generation adalah girl group dari Korea Selatan yang merupakan generasi kedua di dalam sejarah Kpop. SNSD melakukan debut pertama ada acara Inkigayo SBS pada 5 Agustus 2007 dengan single pertama berjudul “Into The New World”.

Album pertama pada tahun 2007 bertajuk Girls’ Generation terjual hingga 100.000 keping. Dengan prestasi ini mereka turut meraih kemenangan pada acara musik lokal di antaranya M-Countdown dan Inkigayo..

Insiden dalam Perjalanan Karir

sejarah-perjalanan-snsd-girls-generation-insiden-black-oceansumber gambar : allkpop.com

Meskipun sukses dan mempunyai banyak penggemar, sejarah perjalanan SNSD tidak lepas dari adanya insiden. Saat tampil pada Dream Concert, mereka pernah mendapatkan black ocean. 

Penonton konser tersebut sempat mematikan lightstick sebagai sebuah bentuk protes. Bahkan pernah mendapat blacklist sebuah grup.

Pada waktu itu, SNSD tengah menyanyikan “Into The New World”, namun disambut dengan black ocean serta keheningan sebab tidak ada penonton yang tepuk tangan. Hal ini karena adanya rasa tidak suka fandom terhadap SNSD yang terlalu dekat dengan idola mereka. 

Mendapatkan Posisi Puncak Berkat Gee

sejarah-perjalanan-snsd-girls-generation-geesumber gambar : fimela.com

Dari insiden black ocean, tidak kemudian menciutkan semangat dari SNSD. Sesudah 2 bulan hiatus, SNSD kemudian mengeluarkan single “Gee” pada tahun 2009. Dengan adanya single ini, menyebabkan album mereka menduduki posisi puncak pada berbagai tangga lagu digital setelah 2 hari rilis.

Tidak hanya menjadi hits, Gee juga mendapatkan rekor oleh Music Bank dengan predikat lagu terlama di puncak tangga lagu. Gee mampu bertahan selama 9 minggu berturut turut. Tidak hanya itu saja, style dari SNSD pada MV Gee kemudian menjadi tren fesyen waktu itu.

Menyelenggarakan Konser Pertama

SNSD menyelenggarakan tur konser pertama pada tahun 2009 bertajuk “Into The New World”. Penggemar pun sangat antusias hingga membuat tiket konser terjual habis dalam waktu tiga menit sesudah penjualan dibuka. Tur tersebut dimulai dari Olympic Park Fencing pada 19 dan 20 Desember.

Tampil Sub-Unit

SNSD memang tidak selalu tampil dengan formasi lengkap. Sehingga, grup ini membentuk sub unit dari Girls’ Generation-TTS dengan formasi Tiffany, Seohyun, dan Taeyeon pada April 2012 lalu. Pembentukan ini bertujuan supaya tidak hanya digemari di dalam negeri saja, namun hingga di dunia.

Jessica Jung dan Tiga Member Lainnya Hengkang

Awalnya, SNSD memiliki anggota sebanyak 9 orang, yaitu Sunny, Tiffany, Jessica Jung, Yuri, Taeyeon, Sooyung, Hyoyeon, Seohyun dan Yoona. Tetapi, pada tahun 2014, ketika di puncak popularitas, Jessica Jung kemudian keluar dari grup.

Jessica menyatakan telah dikeluarkan secara paksa dari grup melalui akun instagramnya. Namun, pernyataan ini kemudian dibantah oleh SM Entertainment. Mereka mengatakan Jessica hengkang atas kemauan sendiri sebab telah sibuk dengan bisnis fesyen miliknya.

Setelah Jessica, diikuti dengan Yuri, Seohyun, dan Tiffany yang memutuskan untuk tidak melanjutkan kontrak. Sehingga, kontrak berakhir pada tahun 2007 lalu. Meskipun demikian, ketiga anggota ini masih mengaku menjadi bagian dari SNSD dan menyatakan secara tegas mereka tidak bubar.

Comeback Setelah pada Tahun 2017 Hiatus

sejarah-perjalanan-SNSD-girls-generation-comeback-2017sumber gambar : trueid.id

Pada tahun 2017, SNSD mengeluarkan album bertajuk Holiday Night.  Kemudian, pada hari Senin, tanggal 25 Juli 2022, SNSD mengumumkan secara detail bahwa akan melakukan comeback dan logo mereka di semua akun media sosial.

Demikian sjejarah perjalanan SNSD yang menarik untuk Anda simak. Meskipun perjalanan karir mereka tidak selalu mulus, namun semangat berkarya selalu ada.

- Advertisement -

Leave A Reply

Your email address will not be published.