Jelang Pilkada Serentak, Bawaslu Jatim Gelar Bimtek

Antisipasi Berbagai Pelanggaran Termasuk Protokol Kesehatan

Bukan hanya para bakal calon yang mulai mempersiapkan diri menghadapi Pilkada Serentak 2020. Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) pun tidak kalah sibuknya.

Agar pesta demokrasi berjalan jujur dan adil (jurdil), jajaran personel Bawaslu di sejumlah dareah akan diberikan bimbingan teknis (bimtek). Seperti yang dilakukan Baswalu se-Jawa Timur. Mereka akan menggelar bimtek bagi para personel Bawaslu tingkat Kota/Kabupaten khususnya yang menggelar Pilakda Serentak.

Bimtek personel Bawaslu Jawa Timur itu digelar di Surabaya hingga tiga hari kedepan.

Menurut Ulil Abror Al mahmud Koordiv Penindakan Pelanggaran Bawaslu Kabupaten Tuban, Jawa Tiimur bimtek bertujuan meningkatkan dan menyamakan persepsi pengawasan terhadap pelaksanaan Pilkada termasuk di Kabaupaten Tuban.

“Memang tugas kami melakukan pengawasan dalam pelaksanaan pemilu. Meski kita sudah tahu regulasinya, tapi perlu dimantapkan,” tutur Ulil.

Apalagi, lanjut Ulil, Pilkada Serentak tahun ini berbeda dengan Pilkada sebelumnya. Itu karena, Pilkada tahun ini kemungkinan digelar dalam kondisi pandemi virus Corona. “Dengan demikian, proses pengawasan juga harus berbeda dan melekat serta memperhatikan penerapan protokol kesehatan,” kata Ulil.

“Awal bulan depan tahapan pengawasan pencalonan sudah dimulai. Kita harus bekerja penuh dan mempersiapkan diri mulai dari sekarang,” sambungnya.

“Semoga kedepan Pilkada ini berjalan sesuai regulasi yang ada dan para calon bisa meminimalisir segala bentuk pelanggaran,” pungkasnya. (dum/kabarindong)

Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.