in

Apa bedanya baking soda dan baking powder? Berikut penjelasannya

Jakarta (KABARINDONG) – Baking soda dan baking powder adalah dua bahan yang sering dimanfaatkan dalam pembuatan makanan, terutama sebagai bahan pengembang membuat kue dan roti.

Baik baking soda maupun baking powder sama-sama memiliki peran penting untuk membuat kue menjadi lebih mengembang, empuk, dan enak.

Terdapat perbedaan komposisi dan cara kerja antara baking soda dan baking powder, sehingga tidak heran masih banyak orang yang keliru dalam penggunaan masing-masing bahan.

Berikut adalah penjelasan lebih lanjut perbedaan baking soda dan baking powder sebagai panduan agar Anda tidak keliru saat menggunakan.

1. Baking soda

Baking soda atau natrium bikarbonat mengandung senyawa kimia (NaHCO3) dengan sifat basa.

Bahan ini menghasilkan karbon dioksida yang diperlukan dalam proses mengembangkan bahan adonan pada kue dan roti. Baking soda mengandung 100 persen natrium bikarbonat agar adonan dapat mengembang dengan baik dan terlihat sempurna.

Pada dasarnya baking soda secara alami memiliki sifat basa. Ketika digabungkan dengan bahan asam dan cairan, sifat kimia dari bahan ini baru dapat keluar. Dengan menghasilkan adonan kue yang mengembang dan lembut.

Maka dari itu, terdapat beberapa makanan yang perlu menggunakan bahan asam untuk mengeluarkan efek bahan kimia ini pada baking soda.

2. Baking powder

Bahan masakan ini berbeda dengan baking soda, karena baking powder atau bubuk pengembang tidak sepenuhnya terbuat dari sodium bikarbonat. Baking powder dapat disebut baking soda yang ditambah dengan bubuk tartar dan zat pengering sehingga memiliki efek lebih besar saat digunakan untuk memanggang kue.

Karena baking powder memiliki zat campuran dari baking soda dan asam, maka dari itu tidak perlu menambahkan bahan asam lagi pada adonan kue. Jadi baking powder cocok untuk adonan kue yang tidak mengandung bahan asam.

Baking powder digunakan untuk menghasilkan karbon dioksida saat dicampur dengan cairan maupun saat dipanaskan, sehingga membuatnya menjadi lebih praktis dalam membuat adonan kue dan roti.

Berdasarkan penjelasan di atas, Anda dapat memilih penggunaan baking soda atau baking powder sesuai kebutuhan dalam membuat adonan kue maupun roti. Dengan memilih sesuai kegunaannya, Anda dapat mengoptimalkan hasil masakan jauh lebih baik.

Baca juga: 7 Manfaat baking soda yang tidak banyak diketahui orang

Baca juga: Bisakah soda kue jadi deodoran?

Pewarta: Sean Anggiatheda Sitorus
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © KABARINDONG 2024

What do you think?

Written by Almira Yuliarti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Menikmati eksotisme Pulau Komodo dan Pulau Padar NTT

Definisi paspor – ANTARA News