Ultimate magazine theme for WordPress.

Belajar membuat camilan tradisional ala chef profesional

0

Kalau aku sama mamaku makan Sala Lauak sambil dicocol sambal

Jakarta (KABARINDONG) – Camilan tradisional seperti sosis solo, wingko, onde-onde, nagasari hingga sala lauak selalu menggugah selera. Membuat panganan tersebut ternyata bukanlah hal yang mustahil, para chef profesional pun berbagi resepnya.

Dalam pameran industri makanan dan minuman SIAL Interfood, Jakarta, BOLA Deli sebagai salah satu produk dari FKS Food and Ingredients membawa 10 chef profesional seperti Putri Habibie, Putri Miranti hingga Devina Hermawan untuk berbagi resep camilan tradisional hingga kekinian.

Pada kesempatan ini, Chef Putri Habibie berbagi resep membuat Sala Lauak, camilan khas Sumatra Barat.

Baca juga: Chef Devina Hermawan berbagi resep tart jamur dengan “butter”

Putri mengatakan pada dasarnya membuat panganan tersebut bisa dari bahan-bahan yang ada di rumah seperti 3 lembar daun bawang, 1 lembar daun kunyit, kaldu ayam, 14 cabai, 5 siung bawang merah dan 3 siung bawang putih, 1 ruas lengkuas, 2 sendok makan ikan teri, 1/2 ruas jahe dan 200gr BOLA Deli tepung beras.

“Ini dibuat sesuai selera aja, kalau enggak ada teri bisa pakai jambal, atau keju, bisa juga diisi dengan isian lain sesuai keinginan aja,” ujar Putri dalam acara demo masak BOLA Deli di Jakarta, Rabu.

Cara membuatnya pun cukup mudah yakni masukkan semua bumbu dan ikan teri yang sudah dihaluskan ke dalam wajan. Tambahkan air 300ml kemudian masukkan kaldu ayam, garam dan daun-daun yang sudah diiris hingga mendidih.

Setelah mendidih masukkan BOLA Deli tepung beras, masak dan aduk hingga rata. Bentuk adonan menjadi bulat-bulat.

Kemudian siapkan wajan di atas kompor api, lalu goreng adonan hingga warna keemasan.

Baca juga: Resep steak sapi sehat ala Growell Whole Foods

 

Camilan tradisional Sala Lauak dari Sumatra Barat ala Chef Putri Habibie saat demo memasak di BOLA Deli Booth, SIAL Interfood, Kemayoran, Jakarta, Rabu (9/11/2022) (KABARINDONG/Maria Cicilia Galuh)

“Kalau aku sama mamaku makan Sala Lauak sambil dicocol sambal. Kalau buat ibu-ibu yang biar anaknya makan sayur, bisa ditambah wortel dipotong kecil-kecil,” kata Putri.

Putri mengatakan masakan Indonesia identik dengan berbagai macam bahan yang terkadang membuat kerepotan dalam mencari bahan baku. Namun hal ini dapat teratasi dengan kelengkapan produk dari BOLA Deli yang terdiri dari tepung beras, tepung ketan hingga gula halus.

“Saya merasakan kemudahan dalam mendapatkan produk-produk tersebut di dalam satu tempat. Pada akhirnya, BOLA Deli memberikan hasil akhir makanan yang lezat dan nikmat,” ujarnya.

Demo masak dari chef profesional dapat ditemukan setiap hari di FKS Food hingga perhelatan SIAL Interfood berakhir pada 12 November 2022.

Baca juga: Resep sandwich jamur gochujang ala Chef Putri Mumpuni

“Lewat partisipasi kami di pameran makan internasional terbesar, kami siap mengajak semua pecinta kuliner dari berbagai negara untuk merasakan langsung ragam masakan Indonesia yang dominan memiliki rasa manis dengan tekstur yang halus,” kata CEO PT Padi Flour Nusantara (PFN), PFN Tjung Hen Sen.

Pengunjung juga bisa membeli paket produk BOLA Deli yang terdiri dari tepung beras, tepung ketan, maizena, tapioka, gula halus seharga Rp25 ribu.

Baca juga: Tiga kreasi menu edamame untuk bekal bento buah hati

Baca juga: Resep akhir pekan, gepuk daging sapi

Baca juga: Resep ramuan penurun demam dan pereda batuk pilek

Pewarta: Maria Cicilia Galuh Prayudhia
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © KABARINDONG 2022

- Advertisement -

Leave A Reply

Your email address will not be published.