Ultimate magazine theme for WordPress.

Daftar rekomendasi hidangan Betawi di restoran legendaris

0

- Advertisement -

Jakarta (KABARINDONG) – Sejumlah makanan legendaris khas Betawi masih banyak diincar oleh para pemburu kuliner, meski banyak kuliner baru yang tengah menjadi hits pada saat ini. Bagi pencinta kuliner Indonesia, hidangan khas Betawi menawarkan citarasa khas yang mengingatkan kita pada memori Jakarta tempo dulu.

Berikut ini adalah daftar tempat makan yang menyajikan hidangan khas Betawi seperti soto, asinan, nasi uduk hingga kerak telor di bulan perayaan hari jadi Ibu Kota seperti disampaikan dalam siaran pers Grabfood diterima di Jakarta pada Rabu.

1. Soto Betawi

Masyarakat umum mulai mengenal masakan Soto Betawi di tahun 1977-1978. Tidak jauh berbeda dengan soto Madura dan Soto Sulung, Soto Betawi juga disajikan menggunakan jeroan, perbedaannya terdapat pada kuahnya yang unik yakni terbuat dari campuran susu dan santan yang dicampur dengan berbagai macam rempah-rempah dan memberi aroma yang sangat khas.

Soto Betawi Haji Ma’ruf – Gondangdia

Berdiri sejak tahun 1940-an Soto Betawi H. Ma’ruf masih berdiri hingga kini. Berbeda dengan Soto Betawi lainya, Soto Betawi H. Ma’ruf disajikan hanya kuah dengan potongan daging, paru, babat, kikil, atau usus sesuai selera tanpa sayuran seperti tomat atau kentang.

Soto Betawi H. Mamat -Tomang

Selain menyajikan Soto Betawi dengan kuah kaya rempah-rempah dan cita rasa yang lezat, Soto Betawi Haji Mamat juga siap menggugah selera makan dengan menghadirkan menu lainnya yang tak kalah populer, oseng daging. Selain itu, Anda bisa memesan soto kuah bening yang tak kalah otentik.

Soto Betawi Roxy Dawarsa

Kalau biasanya soto disajikan di sebuah mangkok, uniknya Soto Betawi Roxy Dawarsa menyajikan hidangan berkuah ini dengan piring. Pengunjung bisa memilih untuk isian soto, daging sapi rebus atau goreng. Soto Betawi legendaris yang mulai berjualan dari 1996 ini memiliki kuah dengan rasa yang gurih dan lebih cair dibanding dengan Soto Betawi lainnya.

Baca juga: Jelajah kuliner & budaya Betawi lewat tur virtual keliling ibu kota

Baca juga: Melihat proses pembuatan dodol betawi di Setu Babakan

2. Asinan Betawi

Asinan Betawi ini bisa jadi andalan Anda karena terbuat dari berbagai macam sayuran segar yang dimasak seperti acar dengan memadukan rasa pedas, manis dan gurih. Menurut sejarahnya Asinan Jakarta ini berasal dari akulturasi budaya Indonesia dan Peranakan.

Asinan Jakarta Nana

Takut lambung bermasalah tapi ingin menikmati asinan Jakarta? Asinan Jakarta Nana bisa jadi solusinya. Bumbu Asinan Jakarta Nana tidak menggunakan cuka dan micin, jadi akan aman untuk lambung. Selain itu, tempat ini cocok untuk penyuka asinan dengan bumbu kacang yang kental.

Asinan Betawi Maryam – Bintaro

Mencari asinan Betawi yang enak dan murah? Asinan Betawi Maryam bisa jadi pilihanmu. Perpaduan potongan sayur dan buah-buahan yang disajikan lengkap dengan saus kacang yang autentik, mie dan kerupuk warna merah muda yang khas siap untuk menggoyang lidah.

3. Nasi Uduk

Menu yang menghidangkan nasi gurih dengan berbagai lauk pauk seperti ayam goreng, kering tempe, telur dadar, kerupuk, sayuran dan banyak lagi diperkirakan sudah ada sejak abad ke-14 yang merupakan hasil persilangan budaya Melayu dan Jawa.

Nasi Uduk Betawi Sambal Kampret

Ingin coba sensasi lauk sambal super pedas yang dihidangkan dengan nasi uduk? Silakan coba Nasi Uduk Betawi Sambal Kampret. Tak cuma sambal jengkol saja, tapi Anda juga bisa pesan ceker mercon yang siap meledak dalam mulut.

Nasi Uduk Babeh – Cilebut Timur

Warung Nasi Uduk Babeh di kawasan Cilebut Timur telah populer di kalangan masyarakat Jabodetabek akan cita rasa dan aroma khas Nasi Uduk racikannya. Berbagai sajian menu juga terdapat pada warung makan Nasi Uduk Babeh yang siap memberikan variasi dalam menikmati makanan ikonik Jakarta yang tentunya menggugah selera anda. Soal harga anda tidak perlu khawatir, karena Warung Nasi Uduk Babeh memberikan tarif wajar dan sangat bersahabat dengan kantong Anda.

4. Kerak Telor

Jakarta memang identik dengan Kerak Telor sebagai panganan khasnya. Menurut sejarahnya, Kerak Telor ini awalnya merupakan eksperimen dari masyarakat Betawi yang memanfaatkan buah kelapa untuk membuat panganan. Kerak Telor ini menjadi salah satu panganan khas yang selalu ada saat HUT Kota Jakarta.

Kerak Telor Tunas Betawi

Penasaran dengan hidangan khas Jakarta yang terbuat dari telur? Anda bisa coba menu kerak Telor Tunas Betawi yang memiliki rasa autentik dan khas dengan harga yang bersahabat.

Kerak Telor Mpo Mar – Tanah Tinggi

Salah satu jajanan Kerak Telor yang khas ini, dapat anda jumpai di kawasan Tanah Tinggi Kota Tangerang. Warung Kerak Telor yang fenomenal di kawasan ini adalah Kerak Telor Mpo Mar. Cita rasa tempo dulu dan aroma khas dari jajanan yang satu ini dapat anda jumpai pada Kerak Telor Mpo Mar. Warung Kerak Telor Mpo Mar dapat menemani kebersamaan anda bersama keluarga dan juga menjadi pengobat rindu jajanan jadul asli Ibu Kota Jakarta.

5. Nasi Ulam

Penikmat nasi campur juga bisa menikmati Nasi Ulam yang merupakan hidangan nasi campur yang menawarkan cita rasa yang khas karena terbuat dari berbagai macam rempah-rempah yang dicampur dengan daun kemangi. Nasi Ulam sendiri terbagi dalam dua jenis yaitu dengan menggunakan kuah dan kering.

Nasi Ulam Alung

Berbeda dengan Nasi Uduk yang dimasak dengan santan, Nasi Ulam Alung hanya menggunakan rempah-rempah seperti serai, jahe, lengkuas, dan daun salam. Nasi Ulam disajikan bersama taburan bubuk kacang tanah, bihun, serundeng, kerupuk, emping, daun kemangi, mentimun, dan lauk pilihan.

Nasi Uduk Nasi Ulam Jengkol Betawi – Beji

Masuk dalam aliran pencinta jengkol? Mari merapat ke Nasi Uduk Nasi Ulam Jengkol. Selain menyediakan nasi uduk, disini Anda bisa memesan nasi ulam khas Betawi dengan jengkol sebagai pelengkapnya.

Baca juga: Buka puasa dengan hidangan Betawi yang sudah langka di Cikini

Baca juga: Apa arti “pletok” dalam bir pletok?

6. Bakmi dan Mi Ayam

Tak lengkap rasanya jika tidak memasukkan menu Bakmi atau Mi Ayam sebagai menu legendaris pilihan. Tidak hanya sebagai menu makan siang, menu mie juga cocok untuk pilihan makan malammu. Hidangan “comfort” andalan setiap orang ini menawarkan cita rasa yang menggugah selera dengan berbagai macam topping yang lezat sebagai pelengkapnya.

Bakmi Tenda Biru – Pluit

Kuliner pinggir jalan memang memiliki sensasi tersendiri, meskipun demikian rasa yang disajikan juga tak kalah lezat. Berdiri sejak tahun 1999 Bakmi tenda biru Pluit cukup populer terbukti masih hits sampai saat ini. Untuk menambah kelezatan Bakmi Tenda Biru, Anda bisa menambahkan pangsit goreng atau bakso.

Bakmi Gang Kelinci – Pasar Baru

Kelezatan sajian Bakmi Gang Kelinci Pasar Baru sudah ada sejak tahun 1957 hingga saat ini. Cita rasa yang khas tidak terlepas dari resep khusus dan keahlian dalam mengolah hidangan. Saat ini, Bakmi Gang Kelinci menjadi salah satu restoran mie terbaik di Indonesia.

7. Kue Dongkal

Kue dengan perpaduan rasa gurih dan manis yang terbuat dari tepung beras yang didalamnya berisikan gula merah patut Anda coba. Kue dengan bentuk kerucut seperti tumpeng ini merupakan salah satu makanan legendaris yang diperkenalkan sejak tahun 1940 dan terkenal sebagai menu sarapan.

Kue Dongkal Sarua Indah

Kue Dongkal Sarua Indah terbuat dari beras yang ditumbuk dan diberi campuran gula merah. Tak cuma sebagai cemilan aja, Kue Dongkal Sarua Indah juga bisa Anda jadikan teman minum teh.

Kue Dongkal Pondok Jaya

Makanan khas Betawi ini dapat Anda jumpai di daerah Pondok Jaya Tangerang Selatan tepatnya di kedai Kue Dongkal Pondok Jaya. Meskipun dinamakan kue, tapi makanan ini menjadi salah satu menu sarapan masyarakat Betawi. Olahan makanan yang satu ini memiliki cita rasa luar biasa.

8. Gado-gado

Selain lezat dan menyehatkan Gado-Gado juga menjadi salah satu makanan yang memiliki nilai sejarah karena sudah ada sejak abad 17 masa perang VOC di Batavia. Hingga saat ini, Gado-Gado tidak hanya jadi favorit warga Indonesia, tapi juga jadi salah satu menu yang disukai oleh wisatawan asing.

Gado-Gado Bu Tini – Meruya Jaya

Sajian menu gado-gadonya Bu Tini dikenal memiliki ciri khas, baik dalam racikan bumbu kacang yang digunakannya. Untuk bumbu kacangnya Bu Tini menggunakan kacang tuban yang berwarna putih dan wangi yang tentunya dapat menambah selera makan. Sejak tahun 1989 Bu Tini terus menjaga kualitas rasa dari bumbu Gado-Gado yang menjadi ciri khasnya.

Gado-Gado Cemara – Tanah Abang

Dirintis tahun 1947, Gado-Gado Cemara masih menjadi salah satu primadona dari pecinta gado-gado. Saus kacangnya yang lembut dan tidak pedas menjadi salah satu ciri khas Gado-Gado Cemara. Menariknya bumbu Gado-Gado dibuat tanpa penyedap rasa tambahan, hanya dibuat dari kacang tanah dan tambahan kacang mete yang diulek halus.

9. Soto Tangkar

Hidangan berkuah memang selalu menggugah selera. Berbeda dengan Soto Betawi yang disajikan dengan jeroan, Soto Tangkar dengan kuah yang kaya rempah dan gurih siap menggoyang lidah, disajikan dengan Iga Sapi.

Soto Tangkar dan Sate Kuah Pak Haji Diding

Meskipun kedai Soto Tangkar dan Sate Kuah Haji Diding tidak begitu luas, namun kelezatan Soto Tangkar H Diding cukup tersohor di kalangan pecinta kuliner. Berdiri sejak 1960 an kedai ini tidak hanya menawarkan Soto Tangkar yang gurih namun juga Sate Kuah yang tak kalah lezatnya.

Soto Tangkar Sate Kuah Mas Hery Roxy – Cideng

Disini Anda tidak hanya dimanjakan dari kelezatan Soto Tangkar, tapi Anda juga bisa mencicipi Sate Mas Hery yang akan semakin sempurna dicampurkan dengan kuah Soto Tangkar.

Baca juga: Para perawat ikon Betawi

Baca juga: Sambut ulang tahun Jakarta dengan suguhan kuliner langka Betawi

Baca juga: Sayur babanci, hidangan Idul Fitri langka khas Betawi

Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © KABARINDONG 2022

- Advertisement -

Leave A Reply

Your email address will not be published.