Ultimate magazine theme for WordPress.

Daging atau ayam tak harus dicuci sebelum dimasak

0

- Advertisement -

Justru dengan kita mencuci daging, itu biasanya dapat menyebabkan kontaminasi silang

Jakarta (KABARINDONG) – Celebrity Chef Devina Hermawan menjelaskan bahwa daging maupun ayam tak perlu dicuci terlebih dulu untuk menghindari kontaminasi silang dengan bahan lain yang ada di sekitarnya.

“Sebenarnya kalau untuk daging, sebenarnya tidak harus dicuci. Kecuali memang kebutuhan khusus seperti dagingnya kotor, berlumpur, dan lain-lain itu beda hal,” jelas Devina saat diskusi daring, Selasa.

Baca juga: Belajar mengenal profil daging bersama Chef Degan Septoadji

“Justru dengan kita mencuci daging, itu biasanya dapat menyebabkan kontaminasi silang. Contoh misalnya kita cuci di kran. Nah air cipratannya bisa mengenai sayuran dan lain-lain. Itu malah beresiko biasanya,” tambahnya.

Devina mengatakan, pada dasarnya daging hanya cukup dilap sebelum dimasak. Sebab, daging tersebut pun akan steril dengan sendirinya saat dimasak. Sehingga, mencuci daging dan ayam tak perlu dilakukan sebelum memasak.

“Pada dasarnya kalau daging tuh cukup dilap saja sebelum dimasak. Lalu ketika dimasak kan dia akan steril dengan sendirinya. Kayak gitu sih kalau handling daging dan ayam,” kata Devina.

Baca juga: Resep soun dengan daging sapi lada hitam ala chef Michelin Star

“Kalau memang dagingnya kotor dan memang perlu dicuci, pastikan kran dan area sekitarnya kita bersihkan kembali dengan sabun,” imbuhnya.

Untuk daging yang dimarinasi, Devina juga menjelaskan bahwa daging maupun ayam tersebut tak perlu dicuci terlebih dulu. Namun jika ingin tetap mencucinya, maka Devina menganjurkan untuk memperhatikan area sekitar agar bakteri yang terdapat pada daging atau ayam tak mengenai bahan-bahan lainnya.

“Untuk ayam yang dimarinasi juga nggak masalah jika memang mau dicuci. Asal kembali lagi. Kita harus memperhatikan sekitar agar tidak ada kontaminasi silang,” pungkas Devina.

Baca juga: Menu Idul Adha – Kambing bakar ala restoran Cairo chef Yuda

Baca juga: Chef Juna bagikan tips mengolah daging kurban praktis dan nikmat

Baca juga: Saran chef agar daging kurban bisa empuk

Pewarta: Lifia Mawaddah Putri
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © KABARINDONG 2022

- Advertisement -

Leave A Reply

Your email address will not be published.