Ultimate magazine theme for WordPress.

Keunikan kopi asal Sentul yang hadir di FHI 2022

0

- Advertisement -

Jakarta (KABARINDONG) – Kopi asal Sentul dari “UCC Good Coffee Smile” hadir dalam pameran Food and Hotel Indonesia (FHI) 2022 di Jakarta International Expo (JIExpo) Kemayoran melalui PT UCC Victo Oro Prima.

“Produk ini made in Indonesia semua, yang dibuat di pabrik Sentul,” ujar manager PT UCC Victo Oro Prima Dwi Gatot Kuncoro saat ditemui langsung di Jakarta, Rabu (27/7).

Baca juga: Pameran Food & Hotel Indonesia 2022 tampilkan “sustainability event “

Gatot melanjutkan terdapat beberapa jenis kopi mulai dari eight beans, viktory, dan drip kopi.

“Eight beans merupakan produk premium dari kami dengan perpaduan bahan dari internasional di campur lokal beans, tetapi produk yang best seller yaitu jenis viktory,” lanjutnya.

Gatot mengatakan kisaran harga jual kopi ini mulai dari Rp150 ribu sampai Rp350 ribu.

PT Victo Oro Prima merupakan perusahaan pusat pengolahan kopi di Kawasan Industri Sentul, Kabupaten Bogor. Perusahaan ini berdiri sejak tahun 2014 dan bergabung dengan UCC Group pada 2018.

Pada pameran ini terdapat sesuatu yang menarik pada mesin pembuat kopi, yang bernama syphon berasal dari Jepang dengan teknik ekstraksi manual brew.

Dalam metode pembuatan kopi menggunakan syphon, alat ini dipanaskan dan dilengkapi dengan lampu halogen lalu di bagian tengah alat berisi filter saringan kain. Setelah itu, air panas akan menguap ke atas lalu terjadi ekstraksi cukup sempurna dengan diberikan temperatur yang sesuai.

Kopi yang sudah terekstraksi ikut ke bawah. Dengan menggunakan alat ini kopi lebih terasa sempurna, karena melalui tahapan tersebut.

Menurut salah satu barista kopi, rasa dalam kopi tergantung pada ekstraksi dari jenis mesin kopi.

“Kalau kopi itu tergantung cara membuatnya dengan menggunakan alat syphon ini pembuatannya dengan vaccum sistem dan kita bisa mengatur temperatur panasnya air,” tutur barista kopi PT UCC Victo Oro Prima Arief Budiman.

Budiman menuturkan berbedanya mesin pembuatan kopi, bergantung pada kekentalan dan proses ekstraksi.

“Pengadukan pertama untuk proses ekstraksi mulai dari 30-40 detik,” tutupnya.

Pameran FHI 2022 resmi dibuka pada Selasa (26/7) di JIExpo dan berlangsung hingga 29 Juli mendatang. Pameran bertaraf internasional ini diikuti oleh lebih dari 500 perusahaan dari 26 negara.

FHI 2022 diselenggarakan bersamaan dengan ajang Hotelex Indonesia, Speciality Food Indonesia, serta Retail Indonesia.

Pameran itu menghubungkan dan mempertemukan antarpebisnis, profesional, penggiat industri perhotelan dan F&B secara global dengan tujuan mendukung akselerasi pertumbuhan industri nasional yang berkelanjutan melalui inovasi bisnis agar maju dan berkembang di pasar global.

Baca juga: Mencicip rendang daging kerbau India di FHI 2022

Baca juga: Ada kue coklat unik bermotif batik di FHI 2022

Baca juga: Sirup arek Suroboyo hadir di FHI 2022, sasar pasar mancanegara

Pewarta: Ulfa Jainita
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © KABARINDONG 2022

- Advertisement -

Leave A Reply

Your email address will not be published.