Ultimate magazine theme for WordPress.

Lima bahan yang membuat olahan daging kambing lebih lezat

0

- Advertisement -

Jakarta (KABARINDONG) – Dua hal yang jadi tantangan saat mengolah daging kambing adalah mengatasi bau prengus yang khas juga tekstur alot. Ada lima bahan-bahan alami yang bisa ditemui dengan mudah di dapur untuk mengolah kambing agar lebih lezat, bebas bau serta lembut saat dinikmati.

Baca juga: Empuknya daging kambing dipengaruhi cara memotong

Cookpad dalam siaran resmi yang diterima pada Sabtu, mengatakan jeruk nipis, garam, daun pepaya, nanas dan rempah adalah bahan yang efektif dalam mengolah daging kambing.

Jeruk nipis

Jeruk nipis punya sifat asam yang cukup kuat. Hal ini membuat jeruk nipis bisa diandalkan untuk membuat daging kambing jadi lebih empuk dan tidak bau. Cara ini juga bisa dilakukan jika ingin mencuci daging kambing sebelum mengolahnya.

Caranya cukup mudah, cuci daging kambing yang sudah disiapkan. Lalu, beri perasan jeruk nipis untuk menghilangkan bakteri dan aroma amis. Beri perasan jeruk nipis dengan membalurkannya pada permukaan daging. Tunggu dan diamkan selama kurang lebih 30 menit.


Baca juga: Hewan kurban terkena PMK apakah masih bisa dipotong?

Garam

Selain jeruk nipis, bahan alami lainnya yang bisa digunakan sebagai cara mengolah daging kambing agar tidak bau adalah garam. Cara ini cukup mudah diterapkan, hanya saja membutuhkan ketelatenan.


Daun pepaya

Daun pepaya dan nanas bisa diandalkan untuk cara masak daging kambing agar empuk dan tidak bau. Hal ini dipengaruhi oleh zat papain dalam daun pepaya. Jadi, jika sudah menggunakan daun pepaya, tidak perlu lagi memasaknya dengan waktu sangat lama. Daging hanya perlu dicuci, kemudian remas, dan bungkus daging kambing dengan daun pepaya. Diamkan selama kurang lebih satu jam.


Baca juga: Tips mengolah daging kambing, pakai nanas parut dan hindari air

Nanas


Jika tidak memiliki daun pepaya, gunakan saja nanas. Nanas juga dikenal ampuh membuat daging kambing lebih cepat empuk. Caranya, Anda hanya perlu mengupas buah nanas dan menghaluskannya. Jika sudah, balurkan nanas parut pada potongan daging kambing dan diamkan selama satu jam.


Rempah


Rempah juga bisa digunakan sebagai cara mengolah daging kambing agar tidak bau. Segala macam jenis rempah bisa diandalkan. Rempah juga akan membuat aroma dan rasa khas masakan kambing lebih terasa. Yang perlu dilakukan hanya melumuri permukaan daging kambing dengan parutan jahe. Jika sudah, diamkan sebentar sebelum dimasak. Selain menggunakan jahe, bisa juga memanfaatkan bumbu aromatik seperti jeruk, serai, kayu manis, dan cengkeh.

Baca juga: Cara meminimalisir kolesterol dari hidangan daging saat Idul Adha

Baca juga: Tips sajikan hidangan steik buatan sendiri

Baca juga: Tips Rendang Daging untuk menu hidangan saat Lebaran

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © KABARINDONG 2022

- Advertisement -

Leave A Reply

Your email address will not be published.