Ultimate magazine theme for WordPress.

Serba-serbi peternakan ayam agar menghasilkan hidangan lezat

0

- Advertisement -

Jakarta (KABARINDONG) – Menjaga kebersihan, keamanan hingga memastikan kesejahteraan hewan menjadi beberapa kunci dalam mengelola sistem peternakan ayam agar bisa menghasilkan daging berkualitas dan hidangan yang lezat.

Associate Director of Communications McDonald’s Indonesia Sutji Lantyka dalam tur virtual ke peternakan ayam di Cianjur, Jawa Barat, mengatakan masyarakat Indonesia saat ini memiliki kecenderungan untuk semakin memperhatikan mutu makanan yang dikonsumsi.

Mereka tidak hanya mencari kualitas rasa, namun juga memperhatikan keamanan dari mutu makanan.

“Kami berinisiatif untuk mengajak masyarakat mengetahui lebih lanjut bagaimana kami menjaga kualitas bahan makanan dengan cara menerapkan berbagai prosedur dan standarisasi yang memastikan kesejahteraan ayam di peternakan untuk menghasilkan daging ayam berkualitas tinggi yang akan dinikmati oleh konsumen,” ungkap Sutji, Rabu.

QA Manager McDonald’s Indonesia Imam Gazali menjelaskan, pihaknya menerapkan prinsip kesehatan dan kesejahteraan hewan untuk menghasilkan kualitas daging terbaik.

Penerapan kesejahteraan ini meliputi praktik menangkap ayam yang benar dan tidak kasar sehingga melukai hewan, hingga batas maksimal jumlah ayam dalam keranjang yang tak boleh berlebihan saat mengirim ayam hidup ke pemotongan agar hewan tidak stres.

Tak semua bebas keluar masuk

Untuk menjaga keamanan, pihaknya menerapkan prosedur keamanan hayati atau biosecurity. Prosedur ini meliputi sanitasi yang berarti menjaga kebersihan semua elemen, baik dari para pekerja hingga ekosistem kandang, juga proses isolasi yakni sebuah tindakan untuk mencegah kontak di antara hewan pada suatu area atau lingkungan. Tindakan yang paling penting dalam pengendalian penyakit adalah meminimalkan pergerakan hewan dan kontak dengan hewan yang baru datang.

Kandang yang nyaman

Dalam peternakan seluas 14 hektare itu terdapat 20 kandang, masing-masing diisi 35.000 ekor ayam. Meski kandang penuh dengan ayam, ia memastikan semua hewan di dalamnya berada dalam kondisi yang nyaman.

 Kandang dilengkapi dengan sistem ventilasi khusus untuk menjaga suhu ruangan agar tetap sejuk. Alas kandang diisi dengan sekam dengan ketinggian 5-8 cm yang diganti secara berkala agar tetap bersih.

Makanan dan air yang sudah difilter untuk mencegah virus dan bakteri tersedia untuk para hewan ternak di dalam kandang. Penjaga dikerahkan untuk memantau bila ada ayam yang kondisinya tidak sehat agar segera diobati dan dipisahkan bila perlu.

Ada ruang gerak

Ayam tidak dibiarkan terlalu berdesakan hingga tak bisa bergerak. Untuk menjaga kenyamanan, ayam punya ruang bebas untuk bergerak. Ayam yang punya fisik baik, berjalan secara normal, terlihat tegap, sehat, tidak gelisah, punya nafsu makan bagus dan bobot sesuai target merupakan ciri-ciri ayam sehat sesuai standard jaringan restoran siap saji tersebut, kata Imam.

Ayam jantan dan betina dipisah

Sejak awal, ayam jantan dan betina dipisahkan dalam kandang yang berbeda. Pemisahan ini dilakukan agar setiap ekor ayam punya akses makan dan minum yang sama, tanpa ada yang tersisih karena kalah dalam bersaing.

Imam menuturkan, ayam jantan cenderung lebih agresif saat makan, oleh karena itu mereka memisahkan ayam sesuai jenis kelamin. Jika digabung dan terdapat persaingan mendapatkan pakan, ayam yang kalah bersaing tak bisa mencapai berat yang diinginkan.

Idealnya, ayam yang sudah berusia 28 hari punya bobot 1600 gram dan ayam berusia 35 hari punya bobot 2 kilogram. Proses penyembelihan ayam dilakukan secara halal yang sejalan dengan penerapan kesejahteraan hewan.

Ayam yang sudah disembelih akan dipotong, umumnya menjadi sembilan bagian, kemudian dibumbui dan akhirnya dikirim ke restoran dalam suhu dingin agar sampai dalam keadaan segar.

“Semua prosedur dan sistem yang kami terapkan di kandang ayam sudah sesuai dengan kebijakan dan prosedur yang ditetapkan oleh pemerintah Indonesia. Hal ini menjadi elemen yang sangat signifikan bagi kami, karena kenyamanan ayam memiliki peranan penting untuk memastikan daging ayam yang kami sajikan memiliki kualitas terbaik,” tutur Imam.

Baca juga: Paket ayam baru murah meriah untuk penyuka cita rasa “smokey”

Baca juga: Buntut invasi Ukraina, McDonald’s tinggalkan Rusia

Baca juga: Hoaks! Es krim McDonald’s mengandung xylitol

 

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © KABARINDONG 2022

- Advertisement -

Leave A Reply

Your email address will not be published.