Ultimate magazine theme for WordPress.

5 Cara Mengobati Sakit Mata Secara Alami, Jangan Buang Kantung Teh Celup!

0

CARA mengobati sakit mata secara alami penting diketahui sebelum periksa ke dokter. Apa saja cara mengobati sakit mata secara alami?

Mata merupakan indera penglihatan satu-satunya manusia. Karena fungsinya yang sangat penting, maka menjaga kesehatan mata menjadi salah satu cara yang wajib dilakukan. Akan tetapi, pada suatu kondisi tertentu, tak bisa dipungkiri bahwa sakit mata pun akan terjadi.

Penyakit yang bisa mengintai mata pun bermacam-macam. Namun, kasus yang paling umum terjadi adalah konjungtivitis. Konjungtivitis, sebagaimana dilansir Mayo Clinic, merupakan peradangan atau infeksi pada selaput transparan (konjungtiva) yang melapisi kelopak mata dan menutupi bagian putih bola mata.

Ketika pembuluh darah kecil di konjungtiva meradang, maka mereka lebih terlihat dan inilah yang menyebabkan bagian putih mata seseorang tampak kemerahan atau merah jambu. Biasanya masalah ini ditandai mata merah disertai rasa gatal dan mata berair.

Mengobati sakit mata pun bisa dilakukan dengan berbagai cara. Sebagai pertolongan pertama, Anda mungkin bisa menggunakan bahan-bahan alami untuk membantu meredakan sakit mata. Namun, jika metode ini tidak menghasilkan perubahan apa-apa pada kondisi mata Anda, atau sakit mata Anda sudah masuk ke dalam kategori yang parah, maka Anda harus tetap memeriksakan diri ke dokter.

Dilansir MNC Portal dari laman Healthline pada Rabu (2/2/2022), berikut adalah 5 cara alami untuk mengobati sakit mata.

Lidah buaya

Cara Mengobati Sakit Mata secara Alami

(Cara Mengobati Sakit Mata secara Alami, Foto: Healthline)

Karena sifat anti-inflamasi dan antibakteri lidah buaya, beberapa penyembuh alami merekomendasikan menggunakannya untuk meringankan sakit mata. Campurkan 1 sendok teh gel lidah buaya segar ke dalam 2 sendok makan air dingin, lalu rendam kapas dalam campuran tersebut. Tempatkan kapas yang telah direndam pada mata tertutup Anda selama 10 menit. Lakukan ini dua kali sehari.

BACA JUGA : Nyaman Kerja WFH? Waspadai Masalah Computer Vision Syndrome

Kompres dingin

Tempatkan kain lap dingin di atas mata tertutup Anda dua sampai tiga kali sehari selama lima menit setiap kali untuk mengatasi rasa sakit dan bengkak.

BACA JUGA : Mata Lelah karena Webinar dan Online Meeting, Coba Yoga Mata Deh

Terapkan Irisan Mentimun

Rendam irisan mentimun dalam air es selama sekitar 10 menit, lalu letakkan di kelopak mata yang tertutup untuk menyembuhkan rasa sakit atau iritasi pada mata Anda.

Menangis

Menangis membantu melumasi mata dan membersihkan kotoran dari mata. Tambahkan garam meja ke satu galon air suling untuk membuat larutan garam buatan sendiri. Gunakan pipet untuk memasukkan larutan ini ke mata Anda.

Terapkan Kantong Teh Celup

Cara Mengobati Sakit Mata secara Alami

(Cara Mengobati Sakit Mata secara Alami, Foto: Medicalnewstoday)

Daun teh mengandung bioflavonoid, yang membantu melawan berbagai bakteri dan infeksi. Anda dapat menempatkan kantong teh hitam atau hijau di mata Anda selama beberapa menit untuk membantu mengurangi peradangan.

- Advertisement -

Leave A Reply

Your email address will not be published.